MotoGP Musim Depan Kemungkinan Tidak Ada Pebalap Rookie

Kompas.com - 11/07/2022, 17:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - MotoGP musim ini cukup aneh, khususnya terkait bursa transfer pebalap. Bahkan, musim depan bisa jadi tidak ada pebalap rookie di kelas utama.

Dengan Suzuki memutuskan untuk mengundurkan diri dari MotoGP, bursa transfer pebalap langsung memanas pada pertengahan pertama musim ini.

Biasanya, kontrak pebalap baru akan diumumkan atau diperpanjang saat pertengahan kedua atau setelah libur musim panas.

Baca juga: KTM Akui Performanya Sangat Tergantung dari Hasil Kualifikasi MotoGP

Sejak kelas Moto2 diselenggarakan pada 2010, musim berikutnya selalu ada pebalap di kelas tersebut yang naik ke MotoGP. Biasanya, tim MotoGP akan merekrut juara dunia Moto2.

Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Belanda 2022TINO MARTINO Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Belanda 2022

Tapi, tidak selalu, ada juga pebalap yang jadi runner up bisa naik ke MotoGP. Bahkan, ada yang dari kelas Moto3 langsung lompat ke kelas utama, seperti Jack Miller dan Darryn Binder.

Luca Marini yang jadi runner up Moto2 2019 masuk MotoGP sejak 2020 dan selalu berhasil menyelesaikan balapan hingga sekarang.

Baca juga: 5 Pebalap MotoGP yang Berada di Bawah Tekanan Musim Ini

Fabio Quartararo tidak pernah menang di Moto3 dan di Moto2 hanya satu kali menang. Tapi, dia berhasil meraih enam pole position dan lima podium saat jadi rookie di MotoGP 2019 dengan tim satelit Yamaha. Pada 2021, dia menjadi juara dunia MotoGP.

Pebalap Tech3 KTM Factory Racing asal Spanyol, Paul Fernandez, mengikuti sesi latihan bebas untuk balapan MotoGP Indonesia di Sirkuit Internasional Mandalika di Kuta Mandalika di Lombok Tengah, Jumat (18/3/2022).AFP/BAY ISMOYO Pebalap Tech3 KTM Factory Racing asal Spanyol, Paul Fernandez, mengikuti sesi latihan bebas untuk balapan MotoGP Indonesia di Sirkuit Internasional Mandalika di Kuta Mandalika di Lombok Tengah, Jumat (18/3/2022).

Joan Mir yang menjadi juara dunia MotoGP 2020 hanya merasakan satu musim di Moto2. Dia berhasil menjadi juara dunia di musim keduanya di MotoGP.

Masih banyak pebalap lainnya yang kurang berprestasi di Moto3 atau Moto2, tapi berhasil dipromosikan untuk naik ke kelas MotoGP.

Pebalap WithU Yamaha RNF, Darryn Binder memacu sepeda motornya saat sesi latihan bebas 1 MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (18/3/2022). Quartararo dan Morbidelli menempati posisi dua teratas dalam hasil gabungan latihan bebas alias free practice (FP) 1 dan 2 MotoGP Mandalika.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Pebalap WithU Yamaha RNF, Darryn Binder memacu sepeda motornya saat sesi latihan bebas 1 MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (18/3/2022). Quartararo dan Morbidelli menempati posisi dua teratas dalam hasil gabungan latihan bebas alias free practice (FP) 1 dan 2 MotoGP Mandalika.

Musim ini, ada dua pebalap Moto2 yang sangat kompetitif, yakni Celestino Vietti dari Mooney VR46 dan Ai Ogura dari Idemitsu Honda Asia Team. Jika di antara keduanya tidak ada yang naik ke MotoGP, maka bisa dipastikan musim depan tidak akan ada rookie.

Tapi, kedua pebalap tersebut berkesempatan untuk menyamai rekor Johann Zarco. Sebab, hanya Zarco yang berhasil menjadi juara dunia Moto2 dua kali berturut-turut.

Daftar pebalap rookie MotoGP:
MotoGP 2011 : Toni Elias, Karel Abraham
MotoGP 2012 : Stefan Bradl, Michele Pirro
MotoGP 2013 : Marc Marquez, Bradley Smith
MotoGP 2014 : Pol Espargaro, Scott Redding, Andrea Iannone
MotoGP 2015 : Maverick Vinales, Jack Miller
MotoGP 2016 : Tito Rabat
MotoGP 2017 : Jonas Folger, Johann Zarco, Alex Rins
MotoGP 2018 : Franco Morbidelli, Tom Lüthi, Takaaki Nakagami, Hafizh Syahrin
MotoGP 2019 : Pecco Bagnaia, Miguel Oliveira, Mir, Quartararo
MotoGP 2020 : Alex Márquez, Brad Binder, Iker Lecuona
MotoGP 2021 : Enea Bastianini, Luca Marini
MotoGP 2022 :Remy Gardner, Raul Fernandez, Marco Bezzecchi, Fabio Di Gianntonio, Darryn Binder

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.