Kompas.com - 11/07/2022, 16:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Tak sedikit pemilik mobil yang masih bingung soal tata cara melepas kabel aki. Terutama bila ingin menganti atau melakukan jumper. 

Dengan memahami cara cabut aki yang benar setidaknya menghindari risiko bahaya yang tidak di inginkan. 

Menanggapi fenomena hal tersebut, Kepala Bengkel Nasmoco Majapahit Semarang Bambang Sri Haryanto mengatakan, tata cara melepas aki agar aman sebaiknya dilakukan dari kutub terminal  negatif

Baca juga: Bahaya, Asal Jumper Aki Risikonya Bisa Meledak

"Jika melepas kabel negatif, aliran-aliran listrik di seluruh komponen kendaraan akan terputus. Sehingga bisa meminimalisir dan mencegah risiko korsleting," ujar Bambang, kepada Kompas.com, Senin (11/7/2022). 

Kabel positif dan negatif aki. Kompas.com Kabel positif dan negatif aki.

Lebih lanjut Bambang mengatakan, kesalahan lepas pasang kabel aki bisa menyebabkan percikan bunga api. Semua arus belum terputus termasuk yang berasal dari komponen utama. 

"Sebagian mobil ada yang masih meninggalkan arus listrik. Jadi, kabel massa terlebih dahulu yang dilepas agar tidak menimbulkan percikan api," tambahnya. 

Hal yang sama di ungkap Andreas Hardjo Pemilik Menyanan Jaya Raya Aki. Dia mengatakan, sangat tak disarankan untuk melepaskan kabel aki positif dulu. 

Baca juga: Berlaku 17 Juli 2022, Ini Syarat Perjalanan Baru Transportasi Darat

Jumper aki mobilMMKSI Jumper aki mobil

"Kalau positif dulu yang dilepas pas kunci menempel ke bodi maka akan terjadi percikan api. Massa arus listrik bisa menyebabkan korsleting apalagi bila kunci pas menyentuh terminal aki," katanya. 

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.