Minat Motor Matik Bekas, Ini Poin Pengecekannya

Kompas.com - 05/07/2022, 10:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Sepeda motor matik alias skutik, sampai saat ini masih jadi pilihan favorit sebagian besar masyarakat.

Namun demikian, tak semuanya membeli barang baru. Ada beberapa masyarakat yang justru lebih tertarik mencari skutik seken karena harganya cenderung lebih murah.

Contoh, Honda BeAT yang banderolnya saat ini sudah Rp 17 jutaan untuk area Jakarta. Sementara bekasnya untuk tahun lebih 2015 sekitar Rp 10 jutaan.

Bahkan bisa lebih murah untuk produksi 2010 yang masih menggunakan sistem karburator, yakni hanya Rp 5 jutaan. Sedangkan Yamaha Mio 2013 berkisar Rp 7 jutaan.

Baca juga: Kenali Ciri Cairan Radiator Motor Matik Minta Ganti

Namun demikian, sebelum memutuskan membeli matik bekas ada baiknya melakukan pengecekan terhadap unit. Karena dengan usia motor yang cenderung lebih lawas, tentu memiliki risiko, seperti komponen yang harus diganti dan lain sebagainya. 

Display motor bekas di Surya Motor KlatenZulfana K. Rijal Display motor bekas di Surya Motor Klaten

Sebagai patokan, pemilik Bengkel Malam Shokibul mengatakan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan calon pembeli agar tak tertipu. 

Pertama dengan melakukan pengecekan secara detail kondisi rangka dan sambungan bodi, bila ada cacat sedikit saja, baiknya tidak melanjutkan proses cek keseluruhan unit tersebut. 

"Sasis bodi ditemukan karat atau tidak, atau bisa juga dilihat apakah motor tersebut bekas kecelakaan, reparasi sasis dan lainnya," ucap Shokib, kepada Kompas.com, Senin (4/7/2022).

"Bila terjadi retakan rambut saja, boleh jadi unit yang dicek ada indikasi kerusakan berat karena benturan. Bagian paling rawan adalah selongsong T setang kemudi," katanya.

Perbaikan komponen Elektrikal sepeda motor matikDicky Aditya Wijaya Perbaikan komponen Elektrikal sepeda motor matik

Kemudian,  bagian lain yang tak kalah penting adalah mesin. Cek apakah ada kebocoran oli mesin, baik dari packing maupun blok mesin. 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.