Bahas Apa Saja Kelebihan Bengkel Spesialis Ketimbang Beres

Kompas.com - 25/06/2022, 11:22 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Bengkel spesialis kerap jadi andalan para pemilik  mobil tua ketika ingin melakukan servis. Mobil tua yang sudah tidak diproduksi biasannya mulai terpinggirkan kalau pergi ke bengkel resmi (beres) yang disediakan agen tunggal pemegang merek (ATPM).

Bengkel spesialis biasanya diisi oleh montir-montir yang berpengalaman di bidangnya. Kepercayaan konsumen juga lebih tinggi karena dianggap lebih mengetahui seluk beluk mesin, transmisi atau bagian komponen lain yang ditekuni.

Bahkan tak jarang bengkel spesialis memberikan solusi-solusi unik yang tidak akan terjamah oleh pekerjaan di beres.

Tentu saja, hal itu bisa terjadi lantaran montir di bengkel spesialis memiliki kebebasan dalam berkreativitas, berbeda dengan bengkel resmi yang memiliki aturan serta standar kerja yang ketat.

Baca juga: Bengkel di Jakarta Wajib Punya Alat Uji Emisi

Mekanik bengkel sedang melakukan pergantian oli matik dengan cara di kurasDicky Aditya Wijaya Mekanik bengkel sedang melakukan pergantian oli matik dengan cara di kuras

Pemilik Kebat Motors spesialis Nissan & Datsun, Arif Suwasono mengatakan, bengkel spesialis lebih berani memberikan solusi-solusi alternatif, yang harganya terjangkau tapi efektif.

“Seperti ketika ada komponen di mobil rusak, kami tidak menggantinya satu set utuh, tapi kami carikan inti partnya yang rusak sehingga harganya terjangkau. Misalnya koil pengapian, kami bisa mencarikan selongsongnya saja jika memang kerusakan pada selongsongnya,” ucap Arif kepada Kompas.com Jumat (24/6/2022).

Dengan cara seperti itu, tentu saja bengkel spesialis bisa memberikan pilihan solusi yang beragam kepada pelanggan. Di bengkel spesialis, pelanggan bisa bebas berdiskusi dengan montirnya secara langsung sehingga akan lebih puas bagi pemilik mobil tua yang memang membutuhkan berbagai saran dan solusi alternatif.

Baca juga: Catat, Ini Beberapa Istilah Bengkel saat Melakukan Perbaikan Mobil

Proses pengerjaan TUSS di bengkel Provis Autolab.KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Proses pengerjaan TUSS di bengkel Provis Autolab.

Arif juga mengatakan, beban operasional yang ditanggung oleh bengkel spesialis tidak sebesar bengkel resmi yang memiliki banyak sekali karyawan dan perlengkapan yang lengkap. Jadi, memberikan biaya servis yang terjangkau bisa menjadi solusi tersendiri bagi bengkel spesialis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.