Kompas.com - 21/06/2022, 12:22 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – Setiap mobil dilengkapi dengan jok yang dilapisi bahan berbeda dari masing-masing pabrikan.

Kendati telah dirancang agar menjadi interior yang senyaman mungkin, tidak jarang pemilik mobil merasa kurang puas pada tampilan jok.

Baca juga: Fatalnya Asal Memasang Karpet Mobil

Alhasil, retrim jok banyak dipilih oleh pemilik kendaraan. Retrim jok sendiri merupakan modifikasi dengan cara melapisi ulang jok mobil.

Cara pengerjaannya, yakni jok mobil akan menggunakan sarung atau dilapisi ulang dengan bahan baru. Biasanya, retrim dilakukan oleh pemilik mobil yang punya tampilan interior standar atau lawas.

Edy, Pemilik bengkel spesialis interior mobil Vertue Concept di Sunter, Jakarta Utara mengatakan jika kelebihan dari retrim jok yaitu bahan yang digunakan dan bentuknya bisa menyesuaikan dengan keinginan pemilik.

“Bisa juga ditambahkan busa pada jok agar semakin nyaman. Penyesuaian seperti ini hanya bisa dilakukan ketika retrim jok,” katanya kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Selain itu, ketika melakukan retrim jok, lapisan fabric bawaannya akan diberikan kepada pelanggan.

“Jadi kalau misalnya ingin dikembalikan ke standar bisa dilakukan,” kata Edy.

Ilustrasi jok mobil.Peugeot Ilustrasi jok mobil.

Namun, jika bicara harga atau biaya yang harus dikeluarkan tentunya akan lebih mahal dari modifikasi dengan cara menggunakan sarung jok. Tidak hanya itu saja, pemasangannya juga jauh lebih rumit.

Baca juga: Paten Toyota Crown 2023, Punya Siluet Bodi Mirip Honda Civic

“Jika bicara harga, sudah pasti sarung jok lebih murah. Sebab retrim mengganti fabric dengan lapisan yang baru. Sementara, sarung jok lebih mudah dipasang, karena tidak perlu melepas bahan fabric pada jok bawaan,” kata Edy.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.