Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amankah Memasang Windshield pada Skutik?

Kompas.com - 18/06/2022, 17:31 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Stanly Ravel

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Meski menjadi komponen standar, namun tak semua sepeda motor matik menggunakan windshield

Karena itu, tak sedikit yang akhrinya melakukan modifikasi windshield tambahan, tujuannya untuk mengurangi terpaan angin yang langsung ke tubuh pengendara motor.

Berbagai produk aftermarket pun bermunculan, tak hanya menjual windshield tapi juga lengkap bersama bracket agar bisa tersemat pada dengan baik di skutik.

Baca juga: Akibat Gagal Menyalip, Honda Jazz Tabrak Puluhan Motor di Pemalang

Lalu apakah aman untuk melakukan modifikasi tersebut pada motor matik?

“Pemasangan windshield tersebut selama tidak mengganggu pandangan dan manuver pengendara serta dipasang dengan bracket yang kuat maka aman-aman saja,” kata Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani, kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Salah satu Honda PCX dengan windshield aftermarket yang modelnya mirip dengan punya ForzaAF Motoshop Salah satu Honda PCX dengan windshield aftermarket yang modelnya mirip dengan punya Forza

Namun perlu diketahui, memasang windshield bisa memengaruhi akselerasi karena laju motor yang tertahan akibat adanya hambatan.

Selain itu, perhatikan juga ukuran windshield yang ingin dipasang ke motor agar tidak terlalu tinggi.

“Sebaiknya jika ingin menambah windshield usahakan jangan terlalu tinggi agar angin tidak tertahan saat berkendara. Jika terlalu tinggi akan berisiko ketika ada angin kencang atau lewat di atas flyover,” kata Agus.

Baca juga: Bahaya Nyata Mengemudi Sambil Main Ponsel

Kemudian pastikan bracket yang dipasang ke bodi motor tidak asal menempel. Karena jika pemasangannya asal, dikhawatirkan bisa lepas saat ada angin kencang dan malah membahayakan pengendara motor.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com