Konsumen Mobil Mewah Lebih Cepat Beralih ke Kendaraan Listrik

Kompas.com - 12/06/2022, 19:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki era kendaraan listrik, sejumlah produsen otomotif terus berinovasi mengembangkan produk-produk terkini mulai dari mobil-mobil hybrid hingga battery electric vehicle (BEV).

Salah satunya adalah BMW Group yang belum lama ini mengeluarkan kendaraan full listrik Mini Electric. Bahkan, pihak BMW Group Indonesia telah mengumumkan pada tahun 2030 nanti pihaknya tak lagi memasarkan mobil Mini Cooper bermesin konvensional.

"Mulai 2030 semua produk kami akan menjadi full electric vehicle, tidak ada lagi mesin konvensional ataupun plug-in hybrid electric vehicle (PHEV)," ucap Menurut Head of Mini Asia Kidd Yam usai acara peluncuran Mini Electric di Main Atrium PIK Avenue, belum lama ini.

Baca juga: Mulai 2030, Seluruh Portofolio Mini Berbasis Listrik

Kidd pun menilai, konsumen di segmen mobil premium akan lebih cepat untuk beralih ke kendaraan listrik dibandingkan. Ia menjelaskan, ada beberapa faktor yang mendasari hal tersebut.

"Saya pikir premium market lebih mudah beralih ke kendaraan listrik, mereka relatif lebih berani untuk berpindah ke teknologi baru," ucap Kidd.

Selain itu, Kidd mengatakan, konsumen di segmen premium biasanya memiliki beberapa kendaraan di rumahnya (tidak hanya satu kendaraan).

BMW iXBMW Group BMW iX

“Banyak konsumen di segmen premium yang cenderung berpikir bahwa kendaraan listrik bisa menjadi salah satu opsi menarik untuk dicoba. Karena di sisi lain kendaraan listrik sangat mempunyai keuntungan, misalnya saja bebas aturan ganjil genap,” kata dia.

Sebagai konsistensinya dalam menyambut era elektrifikasi, BMW Group Indonesia juga memastikan pihaknya akan meluncurkan kendaraan listrik dalam waktu dekat.

Baca juga: Kawasaki Yakin Motor Trail dan Supermoto Masih Banyak Peminat

Kuat dugaan produk yang dimaksud adalah BMW iX dan BMW i4. Pasalnya, kedua model tersebut sudah muncul di situs resmi BMW Indonesia.

Namun sayang, pihak BMW Group Indonesia masih enggan memberi bocoran terkait produk yang dimaksud.

"Pokoknya sebentar lagi akan kami luncurkan, jadi tunggu saja,” ucap Director of Communications BMW Group Indonesia Jodie O'tania.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.