Kompas.com - 10/06/2022, 09:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kawasaki memperkenalkan sepeda listrik untuk anak-anak bernama Kawasaki Elektrode. Push bike electric ini merupakan bukti awal Kawasakiberniat terjun ke elektrifikasi.

Saat ini Elektrode belum dijual untuk umum. Perkiraan Kawasaki Motor Indonesia (KMI), Elektrode baru akan dijual paling lambat pada kuartal dua 2023 dengan estimasi harga Rp 20 jutaan.

Melihat sosoknya Elektrode sekilas mengingatkan sepeda MX Trail Kawasaki tahun 1970'an yaitu Kawasaki BX100. Tapi bedanya kini sepeda itu dibekali baterai buat sumber tenaga.

Baca juga: Cuaca Esktrem, Hindari Parkir Mobil di 3 Lokasi Ini

Kawasaki ElektrodeKompas.com/Gilang Kawasaki Elektrode

Elektrode dirancang untuk anak usia dari 3-8 tahun. Sepeda listrik ini bisa digunakan untuk bermain off road ringan dan mengenalkan dunia baru untuk anak.

Michael C Tanadi, Deputy Head & Sales Promottion Kawasaki Motor Indonesia (KMI) mengatakan, Elektrode dikembangkan di Amerika Serikat di tengah pandemi Covid-19.

"Secara global produk ini disurvei di Amerika, dan di Amerika pasar off road sedang bagusnya, terutama karena pandemi kemarin konsumen Amerika tidak bisa ke mana-mana," kata Michael di Jakarta, Kamis (9/6/2022).

Dimensi Elektrode punya panjang 1,2 meter, lebar 58 cm dan tinggi 76 cm dengan jarak sumbu roda 83 cm. Jarak terendah dari tanah 13,9 cm. Tinggi jok bisa diatur 41 cm-52 cm dan bobot 14,5 kg.

Baca juga: Tinggalkan Ducati, Jack Miller Resmi Gabung dengan KTM

Kawasaki ElektrodeKompas.com/Gilang Kawasaki Elektrode

Elektrode menggunakan baterai lithium ion 36 V 5.1Ah yang tertanam di sasis bagian tengah. Baterai bisa digunakan hingga 2,5 jam dan butuh 2,5 jam buat isi daya ulang sampai penuh.

Ada tiga model kecepatan yang dapat dipilih yaitu rendah yakni maksimal sampai 8 kpj, kemudian sedang sampai 12 kpj, dan tinggi yakni sampai 21 kpj.

Pada layar LCD pemilih mode memerlukan kode sandi dari orang tua, sehingga orang tua dapat mengatur berapa banyak daya yang bisa digunakan oleh anak agar tetap aman. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.