Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Bilang Mobil Listrik Bisa Laku Bila 7 Penumpang dan Murah

Kompas.com - 01/06/2022, 08:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dewasa ini, berbagai produsen otomotif tampak gencar menghadirkan produk kendaraan bermotor ramah lingkungan bertenaga baterai penuh, sebagai upaya mendukung program percepatan era elektrifikasi nasional.

Bahkan beberapa di antaranya, sedang berupaya untuk melokalisasikan produk tersebut supaya memiliki nilai tambah tinggi kepada konsumen di Indonesia.

Hanya saja, menurut 4W Marketing Director Suzuki Indomobil Sales (SIS) Donny Saputra, memasarkan mobil listrik perlu strategi tepat. Setidaknya, bisa mencangkup dua aspek penting yaitu fungsionalitas dan terjangkau.

Baca juga: Cara Mereduksi Dampak Kecelakaan Saat Truk Alami Rem Blong

Suzuki Ertiga faceliftDok. Maruti Suzuki Suzuki Ertiga facelift

"Kunci kendaraan bermotor (mobil) untuk pasar Indonesia itu affordability atau keterjangkauan yang baik, serta fungsionalitas. Itu cukup penting ya, " katanya saat ditemui di Cikarang, Selasa (31/5/2022).

"Jadi ada dua kunci, kalau bisa masuk ke sana akan jauh lebih baik. Tapi, jika hanya salah satu saja akan menjadi persoalan seperti secara fungsi masuk namun belum terjangkau, atau sebaliknya," lanjut Donny.

Lebih lanjut, harga terjangkau yang dimaksud ialah kendaraan berharga Rp 300 juta ke bawah. Sebab, hampir 80 persen penyerapan kendaraan bermotor roda empat atau lebih di pasar domestik, berada di kelas ini.

Adapun fungsionalitas menurut Donny, berkaitan dengan kapasitas orang atau penumpang. Mengingat, kebiasaan orang Indonesia saat membeli mobil untuk digunakan ke berbagai acara.

Baca juga: Mitos atau Fakta Mobil Lebih Kuat Menanjak Saat AC Dimatikan ?

Harga Suzuki Ertiga dan XL7 resmi naikKOMPAS.com/STANLY RAVEL Harga Suzuki Ertiga dan XL7 resmi naik

"Di Indonesia, Kalau bicara mobil dua baris atau tiga baris, pasti banyak yang memilih tiga baris karena kita masih mengutamakan keluarga. Ini fungsi yang saya maksud," ucap dia.

"Kemudian soal keterjangkauan harga, sebagian besar mobil yang dijual di Indonesia itu rata-rata Rp 300 juta ke bawah. Jadi dua aspek tersebut harus dipertimbangkan supaya terserap (pasar)," katanya lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com