Prodrive P25, Icon Reli Subaru untuk Jalan Raya Cuma Dijual 25 Unit

Kompas.com - 30/05/2022, 14:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Prodrive, perusahaan modifikasi di bidang motorsport yang biasa membuat mobil reli, balap ketahanan, dan lainnya dalam waktu dekat akan meluncurkan Prodrive P25.

Dikutip dari Prodrive.com, Prodrive P25 mengambil inspirasi dari Subaru 22B yang meraih kemenangan saat debut di World Rally Championship 25 tahun lalu.

Dengan teknologi yang modern, P25 akan lebih bertenaga, ringan, dan handling yang lebih baik. Mesin yang digunakan adalah 2.500 cc empat silinder dengan konfigurasi boxer yang menghasilkan tenaga 400 bhp atau 405,5 TK.

Baca juga: Adu Spesifikasi All New Subaru Forester Vs Honda CR-V

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Prodrive (@prodriveofficial)

 

Tenaga tadi akan disalurkan ke empat roda atau all wheel drive dengan transmisi semi otomatis enam percepatan dengan paddle shift. Selain itu, dipakai juga material serat karbon untuk mengurangi beban dan sasis yang ringan.

P25 akan dibuat terbatas, 25 unit saja yang semuanya dikerjakan di markas Prodrive Banbury, Inggris.

Peter Stevens yang merancang Impreza WRC akan merancang tampilan dari P25. Sedangkan untuk teknisnya akan diurus oleh Prodrive technical director David Lapworth yang dulunya bertanggung jawab untuk Impreza WRC.

Baca juga: Hasil Klasemen MotoGP 2022 Usai GP Italia, Quartararo Tetap di Puncak

Saat ini baru terlihat tampilan P25 dalam bentuk sketsa saja. Bisa dilihat P25 menggunakan basis 22B, Impreza dua pintu yang legendaris. Bagian bodi nampak diberi sentuhan baru seperti fender yang dibuat lebih agresif.

Begitu juga pada lampu kabut di bagian bumper yang ukurannya besar, mengingatkan pada model Impreza reli. Apalagi ditambah adanya hood scoop di kap mesin yang membuat tampilannya semakin garang.

P25 merupakan ide dari Prodrive Chairman David Richards. Dia mengatakan, Impreza 22B adalah mobil yang ikonik dari Subaru, jadi P25 adalah versi modern dari kendaraan legendaris tersebut.

"Kita mau meningkatkan semua aspek yang membuat mobil ini begitu spesial dengan menerapkan teknologi terbaru dan menciptakan interpretasi modern dari mobil yang bersejarah di motorsport," ucapnya dikutip Kompas.com dari Prodrive.com, Senin (30/5/2022).

Prodrive P25 akan melakukan debutnya pada The Goodwood Festival of Speed di Juni 2022. Sedangkan mobil pertama dari 25 unit tadi akan dikirim ke customer di akhir tahun ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.