Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bikin Mobil Punya Spion Pintar Mirip XL7, Modal Rp 1,5 Juta

Kompas.com - 27/05/2022, 13:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak sedikit pengemudi yang menambahkan dashcam pada mobil, agar saat berkendara jadi lebih aman dan nyaman.

Pasalnya, dashcam bisa menjadi alat pengawas yang merekam peristiwa atau kejadian saat di perjalanan. Selayaknya kamera CCTV, dashcam dapat menyimpan semua rekaman pada memori perangkat.

Salah satu jenis dashcam yang sedang tren dan banyak dicari oleh pemilik kendaraan adalah model spion pintar, seperti yang ada pada mobil Suzuki XL7 dan mobil premium lainya.

Namun bagi Anda yang memiliki mobil selain yang disebutkan di atas, misalnya Toyota Avanza, Mitsubishi Xpander hingga Toyota Innova, juga bisa menambahkan fitur tersebut. Caranya dengan pasang spion pintar aftermarket, seperti yang diniagakan oleh Automania.

Baca juga: Mengenal Istilah pada Jual Beli Motor Bekas

Pemilik workshop Automania Hendra Budiman mengatakan, bagi pemilik kendaraan bisa menambahkan fitur spion pintar di mobil hanya dengan modal Rp 1,5 juta.

“Alatnya ini universal, jadi bisa dipasang di hampir semua jenis mobil. Untuk harganya bervariasi, tergantung tingkat kesulitan pemasangannya. Kalau harga barangnya saja Rp 1,5 juta bergaransi satu tahun,” ucap Hendra saat dihubungi Kompas.com, Jumat (27/5/2022).

Smart E-Mirror All New Ertiga Suzuki Sport FFKompas.com/ApridaMegaNanda Smart E-Mirror All New Ertiga Suzuki Sport FF

“Kalau untuk mobil seperti Avanza atau Xenia harganya Rp 1.850.000 sudah sama pasang,” lanjutnya.

Spion pintar ini juga sudah dilengkapi dengan memori untuk menyimpan video rekaman perjalanan. Namun, untuk memorinya, Hendra mengatakan, dijual secara terpisah.

“Memori tidak termasuk ya, alias konsumen harus beli sendiri sesuai kebutuhan. Biasanya mereka request 32 atau 64 GB, karena aktivitas sehari hari mobil dijalankan tidak terlalu lama,” kata dia.

Baca juga: All New Toyota Starlet Meluncur, Pakai Basis Suzuki Baleno

Hendra melanjutkan, dashcam di spion tengah ini bersifat plug and play, pemasangannya pun tidak sulit. Hanya membutuhkan waktu sekitar satu sampai dua jam saja.

“Kamera depan sudah ada, jadi satu dengan spion tengahnya. Tinggal di jepit saja di spion mobil, kemudian tinggal instalasi kamera belakangnya, ini yang agak lama,” ucap Hendra.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com