Kompas.com - 27/05/2022, 12:12 WIB
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Di bursa sepeda motor seken atau bekas ada istilah full paper dan non paper. Pengertian bahasa Inggris itu merujuk pada kelengkapan surat-surat yang ada.

Full paper artinya motor tersebut punya surat-surat resmi sedangkan sebaliknya no paper artinya "bodong" alias tidak punya dokumen atau hanya sebagian saja tidak lengkap.

Baca juga: Berlaku Mulai 6 Juni 2022, Ini 25 Ruas Jalan Ganjil Genap di Jakarta

Ilustrasi STNK, jika hilang ini cara mengurus dan biayanya.SHUTTERSTOCK/Abm p.poed Ilustrasi STNK, jika hilang ini cara mengurus dan biayanya.

Aditya Wicaksana dari diler Mad Max Big Bikes, mengatakan, saat ini penjual sudah banyak yang mencantumkan spesifikasi motor yang dijual, jika tanpa surat biasanya diberi kode "NP."

"Tapi, ada juga yang menggunakan istilah 'go green'. Kalau NP, sebagian menilai terlalu vulgar. Jadi, diganti dengan 'go green', karena tidak menggunakan surat-surat," ujar Aditya kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Selain full paper dan no paper, ada pula istilah STNK only atau biasa disingkat jadi 'ST'. Istilah ini bermakna bahwa motor hanya punya STNK saja tanpa BPKB.

Baca juga: Penyebab Batalnya Pawai Formula E

Membersihkan mesin motor dengan engine degreaserIstimewa Membersihkan mesin motor dengan engine degreaser

Ada juga istimlah lain seperti "jual dokumen." Wistana, pengusaha jual beli motor Yamaha RX-King mengatakan, jual dokumen ialah jual komponen peretelan alias tidak lengkap.

Istilah ini bermakna jual beli sepeda motor hanya berupa rangka, crankcase yang mencantumkan nomor mesin, STNK, dan BPKB.

Wistana mengatakan 'jual dokumen' cocok untuk orang yang ingin membangun motor tapi tetap memiliki dokumen yang sah dan menyesuaikan data identitas pada surat-surat tersebut.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.