Alasan Desain Lampu Utama Mobil Semakin Menyipit

Kompas.com - 24/05/2022, 12:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Berkembangnya teknologi ternyata memberikan banyak perubahan pada mobil. Termasuk dari segi desain yang makin modern. 

Salah satu perbedaan yang cukup signifikan adalah desain lampu utama yang mengalami banyak perubahan terutama dari sisi  dimensi. 

Bila pada mobil lawas umumnya berukuran besarpada mobil zaman sekarang dibuat lebih menyipit. Khususnya, yang sudah mengadopsi teknologi LED.

Baca juga: Suzuki Ertiga Hybrid Sudah Bisa Dipesan, Tanda Jadi Rp 2 Juta

Toyota Avanza di Filipinatoyota.com.ph Toyota Avanza di Filipina

Contohnya seperti lampu depan pada Toyota Avanza dari generasi pertama hingga generasi terbaru. Begitu juga Kijang Innova, yangsama-sama berubah menjadi lebih tajam dan menyipit.

Akbar Juniarto, Styling Design Section Head PT Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan, perubahan tersebut memang benar ada kaitannya dengan perkembangan teknologi, yakni pada LED.

Baca juga: Pilihan Lampu LED Baru untuk Mobil Eropa dan Jepang

Bodykit dari merek lokal Sapphire yang menempel pada Toyota Innova Reborn dalam agenda Innova-Fortuner Automotive Meet Up (IFAM) di Surabaya, 27-28 November 2021. Team NMAA Bodykit dari merek lokal Sapphire yang menempel pada Toyota Innova Reborn dalam agenda Innova-Fortuner Automotive Meet Up (IFAM) di Surabaya, 27-28 November 2021.

"Komponennya lebih simpel dan sedikit. Sehingga, bentuk lampu bisa makin menyipit. Namun, tetap bisa terang," ujar Akbar, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Dengan penggunaan teknologi LED, menurut Akbar, secara fungsi masih dapat dan secara styling design masih bisa dieksplorasi lebih kreatif.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.