Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilih Lampu Mobil LED atau Bohlam Biasa?

Kompas.com - 16/12/2021, 15:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Teknologi terus berkembang untuk memudahkan manusia. Salah satu pengembangan teknologi yang ada di mobil ialah pemakaian lampu LED.

Saat ini penyematan lampu LED semakin banyak dipakai di mobil. Meski tetap ada plus dan minus, memunculkan anggapan bahwa lampu bohlam sudah ketinggalan zaman.

Baca juga: Car Terminal Pelabuhan Patimban Beroperasi Mulai Pekan Ini

Rifat Sungkar, Brand Ambassador Mitsubishi Indonesia, mengatakan, secara pribadi lebih memilih lampu LED dengan pertimbangan lebih banyak manfaat dari sisi energi.

Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4X2 UltimateAditya Maulana - KOMPAS.com Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4X2 Ultimate

"Mohon maaf perkembangan teknologi sekarang lebih baik, saya jelas pilih LED karena dengan kapasitas watt yang jauh lebih kecil tapi penerangan lebih terang. Efisiensi energi jadi lebih baik," ungkapnya saat telekonferensi Mitsubishi, Selasa (14/12/2021).

Seperti diketahui, seiring berkembangnya teknologi pada kendaraan, lampu utama mobil saat ini sudah menggunakan model LED berwarna putih. Sedangkan mobil lama menggunakan bohlam dengan cahaya kekuningan.

Ada anggapan binar lampu warna kuning lebih aman karena dapat menembus hujan dan kabut. Sedangkan lampu LED berwarna putih dianggap kurang baik.

Training Director The Real Driving Centre Marcell Kurniawan mengatakan, secara keselamatan berkendara, baik lampu utama berwarna kuning dan putih punya sisi positif dan negatif.

Baca juga: Duo Korsel Masih Terseok-seok di Tengah Dominasi Jepang

Mitsubishi New Pajero Sport Dakar Ultimate 4x2. Pembaruan SUV ini hadir dengan fitur-fitur canggih Mitsubishi New Pajero Sport Dakar Ultimate 4x2. Pembaruan SUV ini hadir dengan fitur-fitur canggih

Lampu kuning lebih aman untuk pengendara lain karena lebih nyaman di mata. Lalu lebih mampu menembus hujan dan kabut. Namun, kekurangannya adalah visibilitas malah lebih rendah saat kondisi normal,” katanya.

Untuk lampu berwarna putih, kata Marcell, saat ini visibilitasnya sudah lebih baik di berbagai kondisi, bahkan saat hujan dan kabut. Warna putih akan seperti cahaya matahari.

“Namun kekurangan dari lampu berwarna putih adalah lebih menyilaukan untuk pengemudi lain,” ucap Marcell.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com