Ganti Pelat Nomor Hitam Jadi Putih Tidak Dilakukan Serempak

Kompas.com - 23/05/2022, 09:22 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com—Kendati berlaku mulai Juni 2022, perubahan warna Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) atau pelat nomor kendaraan gencar diinformasikan.

Jika semula pelat nomor kendaraan berwarna dasar hitam, nantinya akan diganti dengan warna dasar putih.

Baca juga: Alasan Kenapa Lampu Belakang Truk Tampil Sederhana

Akan tetapi, tidak semua kendaraan bermotor bisa langsung mengganti pelatnya begitu saja.
Dengan kata lain, penggantian pelat nomor kendaraan tidak akan dilakukan serempak.

Pergantian ini akan dilakukan secara bertahap dan hanya mengutamakan kendaraan tertentu. Kendaraan baru dan kendaraan yang telah memasuki pembayaran pajak lima tahunan yang bisa mengganti pelat nomor putih.

"Alasan pergantian pelat tidak bisa serempak karena ada perbedaan masa berlaku TNKB," Kasubdit STNK Ditregident Korlantas Polri Kombes Taslim Chairuddin kepada Kompas.com belum lama ini.

Tangkapan layar unggahan sepeda motor dengan pelat nomor putih tulisan hitam yang ramai di media sosial.FACEBOOK Tangkapan layar unggahan sepeda motor dengan pelat nomor putih tulisan hitam yang ramai di media sosial.

Artinya, kendaraan berpelat hitam yang masa berlakunya belum habis pada tahun ini, tidak perlu mengganti dengan pelat putih. Untuk penggantian pelat putih dipastikan tidak akan dipungut biaya atau gratis.

Baca juga: Bisakah Mobil Matik Melakukan Engine Brake?

Taslim juga mengatakan jika pemilik kendaraan hanya perlu membayar pajak lima tahunan seperti biasa dan bisa langsung mendapatkan pelat baru berwarna putih.

" Meski sudah diterapkan, TNKB di jalan masih akan belang-belang. Tolong dimaklumi, bukannya kita tak konsisten, tetapi itu merupakan masa-masa transisi penggunaan TNKB berwarna dasar putih," kata Taslim.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.