Car Free Day Jakarta, Simak Rekayasa Lalu Lintas Hari Ini

Kompas.com - 22/05/2022, 07:40 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya kembali menyelenggarakan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau car free day (CFD) di berbagai titik Ibu Kota pada Minggu, 21 Mei 2022.

Seiring dengan hal tersebut, kepolisian akan memberlakukan pengalihan arus lalu lintas di sekitar kawasan terkait yang dimulai pada pukul 06.00 WIB hingga 10.00 WIB.

"Pengalihan arus lalu lintas sudah kita siapkan," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo dalam keterangannya, Sabtu (21/5/2022).

Baca juga: Kendaraan Listrik Otonom Sudah Bisa Dicoba di Q Big BSD

Warga berolahraga saat hari bebas berkendara atau car free day (CFD) di kawasan Jalan MH Thamrin, Jakarta, Minggu (21/6/2020). Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi DKI Jakarta memisahkan jalur untuk pesepeda, olahraga lari, dan jalan kaki saat CFD pertama pada masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi.ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA Warga berolahraga saat hari bebas berkendara atau car free day (CFD) di kawasan Jalan MH Thamrin, Jakarta, Minggu (21/6/2020). Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi DKI Jakarta memisahkan jalur untuk pesepeda, olahraga lari, dan jalan kaki saat CFD pertama pada masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi.

Lebih jauh, pengalihan arus akan dimulai di titik HBKB Sudirman-Thamrin. Sehingga kendaraan yang melintas dari Jalan Budi Kemuliaan menuju Jalan MH Thamrin akan diluruskan ke arah Jalan Medan Merdeka Selatan.

Sedangkan arus dari Jalan H. Agus Salim menuju MH Thamrin akan dibelokkan ke Jalan Kebon Sirih.

Kemudian rekayasa terdapat di ruas Tomang Raya dan Suryopranoto. Kendaraan yang akan menuju Tomang Raya dari Jalan Ir. Juanda nantinya akan dibelokkan ke arah Jalan Hasyim Ashari. Begitu juga dengan yang mengarah ke Tanah Abang.

Lanjut Sambodo, untuk titik HBKB di Jalan Pemuda, Rawamangun, Jakarta Timur yang mana kendaraan dari arah Bekasi menuju Jalan Pemuda akan diteruskan ke arah Terminal Pulogadung.

Kepolisian nantinya akan menutup beberapa ruas jalan yang mengarah ke Simpang Pemuda.

Baca juga: Uji Coba MLFF di Tol Disarankan Bukan ke Kendaraan Pribadi

Car Free Day di Kota Surabaya, Jawa TimurKOMPAS.COM/GHINAN SALMAN Car Free Day di Kota Surabaya, Jawa Timur

“Dari Jalan Pramuka ke Jalan Pemuda akan kami alihkan ke kanan ke arah Jalan Ahmad Yani, dan dari Jalan Ahmad ke Pramuka akan di luruskan ke arah Cililitan,” ujar Sambodo.

Terakhir, HBKB di Danau Sunter, kepolisian akan melakukan pengalihan arus lalu lintas mulai dari Simpang Karya Beton sampai dengan GOR Sunter.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.