Kompas.com - 21/05/2022, 07:12 WIB

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Kaca mobil jadi satu dari sekian banyak komponen mobil yang sangat penting untuk kenyamanan dan keselamatan berkendara.

Jika kaca mobil rusak atau bermasalah, berkendara menjadi tidak nyaman. Salah satu yang kerap terjadi pada komponen ini, adalah kaca mobil yang seret alias susah naik atau turun ketika menggunakan power window atau tuas engkol.

Baca juga: Tips Aman Berkendara di Jalan Menurun

Gejalanya, meski tombol power window ditekan berkali-kali, namun kaca mobil sulit untuk buka-tutup. Kalau sudah seperti ini, biasanya harus ke bengkel spesialis power window dan merogoh dana khusus.

Guna menekan anggaran pengeluaran, berbagai cara yang minim bujet menjadi alternatif untuk mengatasi masalah kaca mobil seret atau macet. Sela kaca mobil yang ditaburi bedak dipercaya akan mengatasi kemacetan yang terjadi.

Bedak tabur menjadi solusi yang kerap ditawarkan untuk mengatasi permasalahan tersebut. 

Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Division Service PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan jika menggunakan bedak tabur untuk atasi kaca mobil yang macet tidaklah tepat.

“Karena di bagian dalam trim board kaca ada regulator kaca yang pelumasnya adalah grease, dikhawatirkan grease menjadi kering kena bedak,” kata Bambang saat dihubungi Kompas.com.

 

Ilustrasi bedak bayi.SHUTTERSTOCK/MRPUIPHOTOGRAPHY Ilustrasi bedak bayi.

Baca juga: Kawasaki Rilis W175 Model 2023, Pilihan Warna Baru

Bambang menyarankan agar menggunakan cairan rubber silikon untuk mengatasi kaca mobil yang macet. Penggunaan bedak tidak direkomendasikan karena justru tidak baik untuk mobil.

“Sebaiknya menggunakan cairan rubber silicon atau silicon spray bukan bedak untuk mengatasi kaca mobil yang macet,” kata Bambang.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.