Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/05/2022, 08:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Suzuki resmi undur diri dari kelas MotoGP pada akhir musim 2022. Sempat beredar ada tim dari kelas Moto3 yang ingin menggantikan posisi yang ditinggalkan Suzuki.

Beberapa waktu lalu, Christian Lundberg, Direktur Teknis Leopard Racing, mengatakan, pihaknya tertarik untuk menggantikan posisi tim pabrikan asal Jepang tersebut.

Baca juga: Sudah Ada Tim Balap yang Siap Gantikan Slot Suzuki di MotoGP

"Kita akan lihat, tapi jika ada bangku kosong dan Tuhan berkehendak, mereka (Dorna) memberikannya pada kami, kami akan sangat senang," kata Lundberg, dikutip dari Motorsport.com, Senin (16/5/2022).

Tim Suzuki Ecstar yang diwakili Alex Rins dan Joan Mir mengaku puas raih posisi 5 dan 6 di MotoGP Mandalika 2022.Dok. Suzuki Tim Suzuki Ecstar yang diwakili Alex Rins dan Joan Mir mengaku puas raih posisi 5 dan 6 di MotoGP Mandalika 2022.

Lundberg mengatakan, semua paddock tahu pihaknya sangat tertarik dan akan mengambil langkah tersebut jika kesempatannya memang ada. Tapi, dia mengatakan, masih panjang jalannya untuk ke MotoGP.

Dikutip dari Crash.net, Senin (16/5/2022), ternyata Leopard Racing belum sanggup untuk melangkah dari Moto3 ke MotoGP. Pernyataan tersebut disampaikan langsung oleh Miodrag Kotur, Team Principal Leopard Racing, kepada Sky Sports Italia.

Baca juga: Hasil Balap MotoGP Perancis: Bastianini Juara, Bagnaia Jatuh, Duo Suzuki Crash!

Menurutnya, masuk ke kelas MotoGP merupakan langkah yang sangat besar dan tidak memungkinkan bagi Leopard Racing melakukannya untuk musim 2023.

Untuk diketahui, dana yang dibutuhkan untuk tim satelit di MotoGP untuk bersaing selama satu musim tidak kurang dari Rp 111 miliar. Dana tersebut termasuk penyewaan motor, gaji pebalap, gaji tim, perbaikan motor, akomodasi, dan biaya lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com