Ada Aksi May Day, Polisi Minta Pengendara Hindari Kawasan Senayan

Kompas.com - 14/05/2022, 08:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Puluhan ribu buruh akan memadati Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat pada Sabtu (14/5/2022).

Setidaknya diprediksi akan ada 60 ribu buruh yang akan terjun ke jantung Ibu Kota untuk memperingati May Day.

Terkait hal ini, Polda Metro Jaya sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas di sekitar GBK Namun, kebijakan rekayasa lalu lintas bersifat situasional.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo pun mengimbau masyarakat menghindari ke kawasan GBK pada Sabtu (14/5/2022) pagi.

Baca juga: Area Car Free Day Solo Diperluas, Ada Pengalihan Rute Bus Solo Trans

“Sebaiknya warga Jakarta dari pagi tidak berolahraga di GBK karena dari pagi massa buruh sudah datang, kurang lebih ada seribuan bus buruh yang akan masuk GBK. Untuk pengalihannya memang kita lihat secara situasional,” ucap Sambodo, Jumat (13/5/2022).

Kegiatan May Day Fiesta akan diawali dengan aksi di depan gedung DPR pukul 10.00 WIB sampai 12.00 WIB. Kemudian dilanjutkan dengan May Day Fiesta di GBK pada pukul 13.00 WIB hingga 17.30 WIB.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi (kanan) dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno berfoto bersama usai melepas secara simbolis keberangkatan 250.000 peserta Mudik Bareng BUMN di Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Kamis (30/5/2019).KOMPAS.com/MURTI ALI LINGGA Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi (kanan) dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno berfoto bersama usai melepas secara simbolis keberangkatan 250.000 peserta Mudik Bareng BUMN di Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Kamis (30/5/2019).

Akan ada tiga pintu masuk di GBK yang akan digunakan dalam acara May Day Fiesta. Tiga pintu tersebut adalah Pintu 10, Pintu 7, hingga Pintu 5 GBK.

Selain itu, sejumlah kantong parkir pun telah disiapkan. Lahan parkir itu digunakan untuk menampung kendaraan pribadi hingga ribuan bus yang membawa buruh dari luar Jabotabek.

“Nanti kita rencanakan untuk buruh yang berasal dari Jawa Barat artinya yang berasal dari Bekasi, Karawang, Purwakarta, mungkin Bogor, itu akan kita tempatkan di Parkir Timur,” ujar Sambodo.

Kemudian, untuk buruh yang berasal dari Provinsi DKI Jakarta, buruh Pulogadung, dan sekitarnya akan ditempatkan di ring road di dalam area GBK.

Baca juga: Long Weekend, Polisi Siapkan Rekayasa Lalu Lintas di Puncak dan Lembang

Sedangkan buruh yang berasal dari Banten, Tangerang Raya, dan sekitarnya akan kita tempatkan di cekungan Asia Afrika.

“Untuk sepeda motor nanti kita tempatkan di lapangan parkir ABC dan di Akuatik. Sedangkan kendaraan pribadi akan kita tempatkan di lapangan parkir Istora,” kata Sambodo.

Sebagai informasi, kegiatan ini diikuti oleh empat konfederasi buruh, yakni Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Konfederasi Perjuangan Buruh Indonesia (KPBI), dan Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.