Bos Dorna Buka Suara Soal Keluarnya Suzuki dari MotoGP

Kompas.com - 13/05/2022, 14:41 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Suzuki resmi mengumumkan bakal hengkang dari MotoGP pada 2023. Lewat pernyataan resmi, pabrikan Hamamatsu mengatakan ada masalah finansial di belakangnya.

Ketatnya persaingan di dunia otomotif membuat Suzuki harus mengalihkan biaya untuk balapan di kelas premier, ke sumber daya manusia dan pengembangan teknologi baru.

Baca juga: Ladies, Jangan Pakai High Heels Saat Berkendara Motor

“Kami sedang dalam pembicaraan dengan Dorna mengenai kemungkinan mengakhiri partisipasi kami di MotoGP pada akhir 2022," tulis Suzuki dikutip dari Tuttomotoriweb.it, Jumat (13/5/2022).

Pebalap Suzuki Ecstar Joan Mir berbicara dalam sesi temu media seusia latihan bebas kedua (FP2) MotoGP Mandalika di Pertamina Mandalika International Street Circuit pada Jumat (18/3/2022).KOMPAS.com/BENEDIKTUS AGYA PRADIPTA Pebalap Suzuki Ecstar Joan Mir berbicara dalam sesi temu media seusia latihan bebas kedua (FP2) MotoGP Mandalika di Pertamina Mandalika International Street Circuit pada Jumat (18/3/2022).

Carmelo Ezpeleta, CEO Dorna Sports mengatakan, pihaknya sedang bicara dengan Suzuki soal langkah ke depan. Sebab sebelumnya Suzuki sudah menandatangani kontrak tetap di MotoGP sampai 2026.

“Kami sedang berbicara dengan mereka,” kata Ezpeleta.

“Mereka tidak dapat melanjutkan (keluar) secara sepihak, kita harus berbicara sedikit tentang bagaimana melakukannya,” ungkap Ezpeleta.

Namun satu yang pasti ialah tidak akan ada perubahan haluan dari pihak Suzuki yang memang ingin keluar. Karena itu bakal ada tanggung jawab yang mesti dipikul.

Baca juga: Semangat Tinggi Bagnaia Bidik Podium di GP Perancis

Pebalap Suzuki Ecstar, Alex Rins, saat mengikuti balapan MotoGP Argentina 2022 yang dihelat di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Minggu (3/4/2022).AFP/ JUAN MABROMATA Pebalap Suzuki Ecstar, Alex Rins, saat mengikuti balapan MotoGP Argentina 2022 yang dihelat di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Minggu (3/4/2022).

Soal sanksi apa yang bakal diberikan, sedang dibicarakan antar Dorna dan Suzuki.

“Saya tidak berpikir ada solusi, dan kami tidak peduli jika ada yang melakukannya dalam kondisi tertentu," katanya.

"Kami memiliki banyak permintaan dan jelas yang harus kami lakukan sekarang adalah melakukannya dengan tenang,” ungkap Ezpeleta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.