BrandzView
Konten ini merupakan kerjasama kompas.com dengan Astra International

Cuaca Ekstrem Melanda Indonesia, Simak 4 Tips Lindungi Mobil Kesayangan dari Risiko Kerusakan

Kompas.com - 12/05/2022, 14:03 WIB

KOMPAS.com – Indonesia sedang dilanda cuaca ekstrem dalam beberapa waktu belakangan. Perubahan cuaca dari panas yang terik menuju hujan lebat terjadi di berbagai daerah.

Pada kondisi cuaca pancaroba, mobil menjadi kendaraan ideal yang digunakan untuk menunjang mobilitas.

Meski demikian, pengendara mobil juga wajib tahu cara merawat mobil selama cuaca ekstrem supaya kendaraan tetap awet. Berikut tips lengkapnya.

1. Mencuci mobil setelah terkena hujan

Tips pertama, Anda disarankan untuk mencuci mobil setelah kendaraan terkena hujan. Pasalnya, air hujan mengandung asam. Jika dibiarkan kering, dapat memicu jamur, merusak cat mobil, serta menimbulkan karat.

Baca juga: Astra Isuzu Sediakan Program Siaga Selama Libur Mudik Lebaran 2022

Selain itu, mobil akan sulit dibersihkan jika kotoran dan plak sudah mengering. Oleh karena itu, segera bersihkan mobil usai menerabas hujan untuk menghilangkan zat asam pada air hujan.

2. Periksa kondisi mesin

Kondisi cuaca ekstrem juga dapat berpengaruh pada kondisi mesin mobil. Sebab, pada cuaca pancaroba, mobil akan melewati berbagai jenis jalan, baik becek maupun kering. Mesin mobil akan bekerja semakin berat saat melewati jalan yang penuh genangan air.

Oleh karena itu, Anda harus tetap menjaga kondisi mobil supaya tetap prima. Misalnya, memastikan kabel busi dan aki tetap terpasang dengan benar. Periksa juga rumah saringan udara dari risiko bocor untuk menutup celah air masuk.

Baca juga: Astra Honda Motor Buka Banyak Lowongan untuk S1 Berbagai Jurusan, Tertarik ?

Tak lupa, Anda juga harus mengecek volume ketinggian oli mesin dan tambahkan bila kurang. Periksa juga cairan lain di dalam ruang mesin, seperti minyak rem dan air radiator.

3. Servis secara berkala

Servis berkala punya peran penting untuk menjaga kendaraan tetap dalam kondisi prima. Dengan servis berkala, Anda dapat mengetahui kondisi serta komponen kendaraan yang perlu diganti.

Anda bisa melakukan servis rutin atau tune-up setiap 10.000 kilometer (km) sekali atau sesuai jarak yang tercantum pada buku manual mobil Anda.

Selain itu, lakukan penggantian komponen yang berkaitan dengan keselamatan berkendara bila diperlukan, seperti kampas rem atau kaca spion bila sudah tidak berfungsi dengan baik.

Baca juga: PT Astra Otoparts Tbk Buka Lowongan Kerja untuk Lulusan SMA hingga S1, Ini Persyaratannya

Anda bisa melakukan servis di bengkel yang sudah teruji kualitasnya dan tepercaya. Bila terdapat masalah pada mobil, Anda bisa langsung berkonsultasi dengan mekanik untuk mendapatkan perawatan ekstra agar kondisi mobil kembali prima.

Salah satu tempat servis mobil tepercaya yang dapat menangani semua merek mobil adalah Astra Otoservice. Pelanggan dapat melakukan pengecekan kesehatan kendaraan menggunakan vehicle diagnostic tool. Pengecekan ini meliputi bagian mesin, transmisi, brake system, air bag, electric power steering, serta sistem pengapian.

Selain itu, Astra Otoservice memiliki fitur booking service yang membuat pelanggan dapat memilih waktu servis yang diinginkan. Dengan demikian, pelanggan tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan pelayanan servis.

4. Gunakan layanan asuransi tambahan

Tips terakhir yang tak kalah penting adalah memberikan perlindungan mobil dengan jasa asuransi. Sebagai kendaraan yang digunakan sehari-hari, mobil memiliki risiko mengalami kerusakan, terlebih pada kondisi cuaca ekstrem.

Head of communication and Customer Service Management Asuransi Astra L Iwan Pranoto mengatakan, asuransi mobil yang baik harus memiliki proteksi maksimal dengan perluasan jaminan bencana alam.

Pasalnya, risiko kendaraan akibat bencana alam termasuk pengecualian penjaminan. Dengan demikian, kerusakan mobil yang disebabkan oleh bencana alam tidak akan dikover oleh polis asuransi mobil standar.

“Hal tersebut sudah tertulis dalam Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSKAKBI) Pasal 3 ayat 3,” ujar Iwan Pranoto seperti dikutip dari AstraMagz edisi Maret 2022 Anda bisa membaca majalah itu pada tautan ini https://bit.ly/AstramagzMar22.

Oleh karena itu, pemilik mobil bisa mempertimbangkan asuransi mobil Garda Oto yang memiliki layanan asuransi tambahan berupa perluasan jaminan bencana alam.

Bahkan, perluasan jaminan asuransi tersebut dapat dilakukan secara online melalui Garda Mobile Otocare atau menghubungi Garda Akses 24 jam pada nomor 1500112. Pelanggan juga bisa datang langsung ke Garda Center atau kantor cabang Asuransi Astra terdekat.

Itulah empat tips melindungi mobil kesayangan dari risiko cuaca ekstrem. Informasi tersebut dapat Anda baca secara lebih jelas melalui majalah digital AstraMagz.

Untuk diketahui, AstraMagz merupakan majalah internal Grup Astra yang berisi informasi tentang perkembangan bisnis dan informasi umum lainnya. Mulanya, AstraMagz diterbitkan dalam bentuk secara hardcopy secara berkala dan terbit setiap bulan.

Namun, sejak pandemi Covid-19 melanda, AstraMagz diterbitkan secara digital supaya dapat dibaca secara online dan menjangkau pembaca lebih luas.

Sebagai gambaran, AstraMagz edisi Maret 2022 memiliki berbagai rubrik, seperti ragam, utama, eksklusif, lingkungan dan sosial (Lingsos), serba-serbi yayasan, koperasi Astra, rehat, insan Astra, inspirasi, satu Indonesia, jalan-jalan, kuliner, ulasan film dan buku, serta snap dan share.

Salah satu konten pada majalah digital AstraMagz.DOK. Yogarta Awawa Prabaning Arka/Kompas.com Salah satu konten pada majalah digital AstraMagz.

Selain informasi seputar kegiatan grup Astra, pembaca juga dapat mengetahui informasi terkini dari produk dan layanan otomotif Astra, seperti PT Astra Honda Motor (AHM), PT Toyota-Astra Motor (TAM), PT Astra Daihatsu Motor (ADM), PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), UD Astra Motor Indonesia, PT Astra International Tbk–Peugeot Sales Operations, BMW Sales Operation (BSO), PT Astra Otoparts Tbk (AOP), serta AstraWorld.

Tak hanya itu, pembaca juga akan mendapatkan informasi yang berguna dan inspiratif seputar kendaraan, gaya hidup, kuliner, jalan-jalan, ekonomi, bisnis, entrepreneurship, properti, hiburan, sosok inspiratif, serta corporate social responsibility (CSR).

Dengan banyaknya produk dan luasnya jaringan grup Astra, AstraMagz dapat mengakomodasi berbagai kepentingan stakeholder, mulai dari rekan bisnis, konsumen produk dan layanan Astra, hingga pemegang saham.

Untuk dapat membaca majalah AstraMagz, Anda dapat mengunjungi laman https://astramagz.astra.co.id/.

Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.