Bukan untuk Touring, Ini Fungsi Lampu Hazard di Motor

Kompas.com - 07/05/2022, 15:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski pabrikan otomotif semakin maju dalam menyajikan fitur, sayangnya hal tersebut tak diimbangin dengan pengetahuan yang cukup bagi penggunannya.

Alhasil, banyak yang salah kaprah dalam menggunakan fiturnya. Contoh seperti lampu hazard yang saat ini sudah lazim ditemui pada produk baru sepeda motor

Lantas, apa sebenarnya fungsi lampu hazard untuk motor dan seberapa pentingnya?

Pada dasarnya fitur ini merupakan tanda untuk kendaran roda empat yang sedang dalam situasi darurat, misal mogok di tengah jalan atau pecah ban.

Baca juga: Hindari Kecelakaan, Pahami Arti Kode Lampu Sein pada Bus

Aturan wajib menyalakan lampu hazard saat dalam keadaan darurat juga sudah tertuang dalam Undang-Undang No 22 Tahun 2009 tentang LLAJ, Pasal 121 ayat 1 yang berbunyi:

“Setiap pengemudi kendaraan bermotor wajib memasang segitiga pengaman, lampu isyarat peringatan bahaya, atau isyarat lain pada saat berhenti atau parkir dalam keadaan darurat di jalan,”

Touring perdana Honda CB150X di BandungFoto: AHM Touring perdana Honda CB150X di Bandung

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan hal serupa. Lampu hazard pada motor sebenarnya ipergunakan dalam kondisi darurat sesuai dengan peraturan pemerintah.

“Biasanya lampu hazard terdapat di mobil atau kendaraan besar, untuk motor hanya sepeda motor tertentu saja yg memiliki lampu hazard, jadi tidak semua motor ada tombol lampu hazard-nya,” ujar Agus saat dihubungi Kompas.com, Senin (13/7/2020).

Baca juga: Catat, Ini Daftar Kendaraan yang Boleh Pakai Lampu Rotator

Terlebih ada salah pemahaman yang dialami oleh pengendara motor dalam mengfungsikan lampu hazard. Fitur yang seharusnya hanya digunakan dalam keadaan darurat, malah digunakan untuk kondisi lainnya.

Seperti digunakan sebagai tanda rombongan yang sedang melakukan touring di jalan raya. Juga, ketika hendak jalan lurus di perempatan, sebagai indikator bagi kendaraan lain.

Contoh motor dengan lampu hazardZulfana K. Rijal Contoh motor dengan lampu hazard

Padahal, kondisi tersebut bertolak belakang dengan kegunaan utama lampu hazard yang sesungguhnya.

“Jadi, menurut saya lampu hazard untuk motor dengan cc kecil sebetulnya belum begitu penting, kecuali untuk motor besar yang cukup berat. Fitur ini bisa sangat membantu, agar pengguna jalan lain dapat mengantisipasi rute yang akan dilalui,” tambah Agus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.