Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persiapan Arus Balik Lebaran, Ini Tarif Tol Trans-Jawa Rute Surabaya-Jakarta

Kompas.com - 06/05/2022, 15:12 WIB
Serafina Ophelia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Arus balik lebaran 2022 diprediksi terjadi pada 6-8 Mei 2022. Dipastikan bakal terjadi kemacetan panjang seperti arus mudik.

Berdasarkan data dari Jasa Marga terdapat 1,7 juta kendaraan yang meninggalkan Jabodetabek menuju tiga arah, yaitu Tol Trans-Jawa, Merak dan Puncak Bogor.

Angka tersebut dinilai naik 9,5 persen jika dibandingkan dengan Lebaran sebelum pandemi, yaitu tahun 2019. Sedangkan jika dibandingkan lalu lintas pada November 2021, angka tersebut naik 18,6 persen.

Baca juga: Arus Balik Lebaran 2022, Jasa Marga Terapkan Rekayasa Buka Tutup Rest Area

Nah, untuk pemudik dari Surabaya yang akan kembali ke Jakarta melalui Tol Trans-Jawa, jangan lupa untuk mengetahui besaran tarif tol rute Surabaya-Jakarta.

Persiapkan juga saldo pada kartu uang elektronik atau e-toll agar mencukupi pembayaran di setiap gerbang tol. Saldo e-toll yang tidak cukup dapat menghambat arus lalu kendaraan yang akan melintas melalui gerbang tol terkait.

Sejumlah kendaraan roda empat melaju saat pemberlakuan kebijakan satu arah setelah melewati Gerbang Tol Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (30/4/2022). Trans Marga Jateng selaku pengelola Tol Semarang - Solo bersama pihak kepolisan memberlakukan kebijakan situasional satu arah dari gerbang tol tersebut menuju interchange Bawen sebagai upaya mengurai kepadatan kendaraan dari arah Jakarta yang akan menuju ke sejumlah wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur.ANTARA FOTO/AJI STYAWAN Sejumlah kendaraan roda empat melaju saat pemberlakuan kebijakan satu arah setelah melewati Gerbang Tol Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (30/4/2022). Trans Marga Jateng selaku pengelola Tol Semarang - Solo bersama pihak kepolisan memberlakukan kebijakan situasional satu arah dari gerbang tol tersebut menuju interchange Bawen sebagai upaya mengurai kepadatan kendaraan dari arah Jakarta yang akan menuju ke sejumlah wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Baca juga: Update Harga Aki Mobil per Mei 2022

Berikut ini adalah tarif Tol Trans-Jawa untuk rute dari Surabaya ke Jakarta, untuk kendaraan Golongan I:

  • Tol Mojokerto-Surabaya: Rp 39.000
  • Tol Kertosono-Mojokerto: Rp 50.000
  • Tol Ngawi-Kertosono: Rp 91.000
  • Tol Solo-Ngawi: Rp 104.500
  • Tol Semarang ABC-Solo: Rp 75.000
  • Tol Semarang ABC (Gerbang Tol Kalikangkung) Rp 5.500
  • Tol Batang-Semarang: Rp 86.000
  • Tol Pemalang-Batang: Rp 86.000
  • Tol Pejagan-Pemalang: Rp 60.000
  • Tol Kanci-Pejagan: Rp 29.500
  • Tol Palimanan-Kanci: Rp 12.500
  • Tol Cikopo-Palimanan: Rp 119.000
  • Tol Jakarta-Cikampek: Rp 20.000
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com