Kompas.com - 05/05/2022, 09:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan memaparkan sejumlah evaluasi terkait masalah perlambatan yang terjadi ketika arus mudik sehingga menimbulkan kemacetan lalu lintas.

Hal tersebut menjadi perhatian dan menjadi bahan penanganan bersama dalam persiapan menyambut arus balik mudik Lebaran yang diprediksi mulai pada 5-8 Mei 2022.

Aan mengatakan, berdasarkan temuan ada beberapa penyebab perlambatan yang langsung menjadi bahan evaluasi Korlantas bersama stakeholder karena berimbas pada kemacetan.

Baca juga: One Way dan Ganjil Genap Arus Balik, dari Semarang sampai Cikampek

"Perlambatan selama arus mudik diakibatkan mulai dari kendaraan tidak laik jalan, pemudik yang menerobos dari jalur B ke A maupun sebaliknya, di u-turn atau dobrak (bukaan pembatas jalan) saat pemberlakuan one way maupun contraflow di ruas tol, pengemudi berhenti di bahu jalan, juga perlambatan arus kendaraan menjelang rest area," ujar Aan, disitat dari laman Korlantas Polri, Rabu (4/5/2022).

Untuk mengatasi hal tersebut, Aan mengimbau agar terus memberikan informasi kepada masyarakat agar benar-benar menyiapkan kendaraan. Hal tersebut karena bisa mengganggu arus di belakang.

Selain itu, penempatan personel untuk mengambkan pada titik u-turn atau dobrak juga diperlukan guna mengantisipasi perlambatan saat arus balik.

Lebih lanjut Aan mengatakan, untuk persiapan arus balik sudah ada beberapa cara bertindak dalam mengantisipasi lonjakan volume kendaraan. Di antaranya sama seperti yang sudah diterapkan pada saat arus mudik, yakni one way, ganjil genap, dan contraflow.

Baca juga: Viral, Video Pengendara Moge Ribut dengan Seorang Pria di Tangerang

Foto udara sejumlah kendaraan antre melintasi Gerbang Tol Cikampek Utama, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022). Pada H-4 Lebaran 2022, ruas jalan tol Jakarta-Cikampek mengalami kepadatan volume kendaraan dan diperkirakan puncaknya pada H-3 Lebaran.ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT Foto udara sejumlah kendaraan antre melintasi Gerbang Tol Cikampek Utama, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022). Pada H-4 Lebaran 2022, ruas jalan tol Jakarta-Cikampek mengalami kepadatan volume kendaraan dan diperkirakan puncaknya pada H-3 Lebaran.

"Kita sudah membuat jadwal yang sudah tersosialisasikan kepada masyarakat. Artinya, masyarakat sudah tahu bahwa jadwal one way, ganjil genap pada arus balik akan dimulai pada hari Jumat sampai dengan pukul 24.00 WIB. Namun, untuk waktu pemberlakuan lebih lanjut bersifat situasional," ucap Aan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.