Kompas.com - 04/05/2022, 12:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat masih menjadi salah satu destinasi wisata favorit masyrakat khususnya di musim mudik dan libur Lebaran 2022 tahun ini.

Pada H+1 Lebaran, Selasa (3/5/2022), kepadatan lalu lintas sudah mulai terlihat sejak pukul 06.30 sampai dengan pukul 07.25 WIB, dimulai dari pintu keluar Tol Ciawi hingga Simpang Gadog. Mayoritas merupakan kendaraan berpelat B atau dari Jakarta.

Akibatnya, pihak kepolisian menerapkan sistem ganjil genap di jalur kawasan Puncak yang akan diberlakukan secara situasional, atau tergantung dari kondisi di lapangan.

Baca juga: Hindari Kemacetan, Ini Jalur Alternatif Menuju Puncak Bogor

Selain itu, ada beberapa rekayasa lalu lintas yang akan diberlakukan untuk mengantisipasi titik kemacetan, di antaranya contraflow, one way, hingga pembatasan kendaraan tiga sumbu atau lebih.

"Selalu ada berita macet di Kawasan Puncak. Dengan adanya rekayasa ini diharapkan lalu lintas bisa lebih terkendali," ucap Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dikutip dari Kompas.com, Selasa (3/5/2022).

Budi mengungkapkan sejumlah titik rawan kemacetan di Kawasan Puncak. Beberapa di antaranya merupakan destinasi wisata:

Polisi menerapkan rekayasa lalu lintas satu arah atau one way di Jalur Puncak Bogor, Jawa Barat, Selasa (3/5/2022).KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Polisi menerapkan rekayasa lalu lintas satu arah atau one way di Jalur Puncak Bogor, Jawa Barat, Selasa (3/5/2022).

Baca juga: Ganjil Genap di Jalur Puncak Bogor Berlaku Hari Ini

Kasatlantas Polres Bogor AKP Dicky Anggi Pranata menjelaskan bahwa titik yang dianggap paling rawan atau sering terjadi kepadatan adalah area wisata Taman Safari.

"Kami sudah menempatkan personel di titik rawan macet dan kecelakaan. Kami ingin masyarakat mentaati dan mengikuti arahan petunjuk dan petugas di lapangan agar terhindar dari trouble, contohnya mungkin ya kemacetan hingga kecelakaan," ucap Dicky.

Ia juga mengingatkan pemudik ataupun wisatawan agar mewaspadai titik lokasi rawan macet saat melintasi jalur Puncak Bogor. Kemudian, pastikan juga kelaikan kendaraan sudah dicek sebelum berkendara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.