Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Ini 3 Titik Rawan Macet di Kawasan Puncak Bogor

Kompas.com - 04/05/2022, 12:02 WIB
Serafina Ophelia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat masih menjadi salah satu destinasi wisata favorit masyrakat khususnya di musim mudik dan libur Lebaran 2022 tahun ini.

Pada H+1 Lebaran, Selasa (3/5/2022), kepadatan lalu lintas sudah mulai terlihat sejak pukul 06.30 sampai dengan pukul 07.25 WIB, dimulai dari pintu keluar Tol Ciawi hingga Simpang Gadog. Mayoritas merupakan kendaraan berpelat B atau dari Jakarta.

Akibatnya, pihak kepolisian menerapkan sistem ganjil genap di jalur kawasan Puncak yang akan diberlakukan secara situasional, atau tergantung dari kondisi di lapangan.

Baca juga: Hindari Kemacetan, Ini Jalur Alternatif Menuju Puncak Bogor

Selain itu, ada beberapa rekayasa lalu lintas yang akan diberlakukan untuk mengantisipasi titik kemacetan, di antaranya contraflow, one way, hingga pembatasan kendaraan tiga sumbu atau lebih.

"Selalu ada berita macet di Kawasan Puncak. Dengan adanya rekayasa ini diharapkan lalu lintas bisa lebih terkendali," ucap Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dikutip dari Kompas.com, Selasa (3/5/2022).

Budi mengungkapkan sejumlah titik rawan kemacetan di Kawasan Puncak. Beberapa di antaranya merupakan destinasi wisata:

Polisi menerapkan rekayasa lalu lintas satu arah atau one way di Jalur Puncak Bogor, Jawa Barat, Selasa (3/5/2022).KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Polisi menerapkan rekayasa lalu lintas satu arah atau one way di Jalur Puncak Bogor, Jawa Barat, Selasa (3/5/2022).

Baca juga: Ganjil Genap di Jalur Puncak Bogor Berlaku Hari Ini

Kasatlantas Polres Bogor AKP Dicky Anggi Pranata menjelaskan bahwa titik yang dianggap paling rawan atau sering terjadi kepadatan adalah area wisata Taman Safari.

"Kami sudah menempatkan personel di titik rawan macet dan kecelakaan. Kami ingin masyarakat mentaati dan mengikuti arahan petunjuk dan petugas di lapangan agar terhindar dari trouble, contohnya mungkin ya kemacetan hingga kecelakaan," ucap Dicky.

Ia juga mengingatkan pemudik ataupun wisatawan agar mewaspadai titik lokasi rawan macet saat melintasi jalur Puncak Bogor. Kemudian, pastikan juga kelaikan kendaraan sudah dicek sebelum berkendara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com