Usai Formula E, Sirkuit Ancol Bisa Dipakai Ajang Balap Lain

Kompas.com - 28/04/2022, 09:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Lintasan balap Formula E Jakarta atau Jakarta E-Prix 2022 di kawasan Ancol, Jakarta Utara dipastikan sudah selesai. Tersisa aspek pendukung saja, yang ditargetkan rampung sebelum acara dimulai pada 4 Juni 2022.

Jika seluruh pengerjaan atas sirkuit sudah sesuai keinginan Formule E Operations atau FEO dan FIA, maka fasilitas terkait akan mendapatkan homologasi FIA Grade 2.

Homologasi tersebut cukup untuk menggelar balapan Formula E Jakarta, serta beberapa seri balap lainnya baik itu balap nasional maupun balap internasional.

Baca juga: Tiket Formula E Jakarta Bisa Dibeli 1 Mei 2022, Mulai Rp 250.000

Foto udara lintasan Sirkuit Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) yang telah diaspal di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Rabu(13/4/2022). Pengaspalan Sirkuit Formula E sepanjang 2,4 kilometer dinyatakan telah rampung seluruhnya dan untuk penggunaannya tinggal menunggu persetujuan kelayakan dari Formula E Operation (FEO). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/aww.ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA Foto udara lintasan Sirkuit Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) yang telah diaspal di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Rabu(13/4/2022). Pengaspalan Sirkuit Formula E sepanjang 2,4 kilometer dinyatakan telah rampung seluruhnya dan untuk penggunaannya tinggal menunggu persetujuan kelayakan dari Formula E Operation (FEO). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/aww.

Demikian dikatakan Ketua Pelaksana Formula E Jakarta, Ahmad Sahroni saat konferensi pers di Jakarta Internasional Velodrome, Jakarta, Rabu (27/4/2022).

"Jadi setelah Formula E, treknya tidak akan diam, banyak event. Misalkan ada lomba motor kecil, gokart, sampai ISSOM, nanti itu ke Ikatan Motor Indonesia (IMI) komunikasinya," katanya.

"Segala hal (event) akan kita coba, bisa saja tapi nanti akan ke IMI dan pemilik ancol (komunikasinya)," lanjut Sahroni.

Hanya saja, dipastikan bahwa sirkuit baru di Ancol itu tak akan digunakan untuk kegiatan lain dahulu sebelum gelaran Formula E atau Jakarta E-Prix 2022.

Baca juga: Rincian Harga Tiket Formula E Jakarta, Tembus Rp 10 Juta

Konferensi pers perkembangan penyelenggaraan Formula E Jakarta di Jakarta Internasional Velodrome, Jakarta Timur, Rabu (27/4/2022).KOMPAS.com/SINGGIH WIRYONO Konferensi pers perkembangan penyelenggaraan Formula E Jakarta di Jakarta Internasional Velodrome, Jakarta Timur, Rabu (27/4/2022).

Sebagaimana diketahui, beberapa acara motorsport nasional seperti ISSOM, ITCR 1200 dan 1500, ITCR MAX, serta STCR sebelumnya sudah mengumumkan akan balapan di sirkuit baru Ancol, Jakarta Utara.

Meskipun belum mengeluarkan tanggal resmi, sirkuit jalanan tersebut menjadi alternatif kedua setelah secara berlangganan dihelat di BSD, Tangerang Selatan.

"Pastinya, sirkuit tidak akan digunakan untuk acara lain sebelum Formula E terlaksana pada 4 Juni 2022 mendatang," jelas Sahroni.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.