Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Formula E, Sirkuit Ancol Bisa Dipakai Ajang Balap Lain

Kompas.com - 28/04/2022, 09:42 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lintasan balap Formula E Jakarta atau Jakarta E-Prix 2022 di kawasan Ancol, Jakarta Utara dipastikan sudah selesai. Tersisa aspek pendukung saja, yang ditargetkan rampung sebelum acara dimulai pada 4 Juni 2022.

Jika seluruh pengerjaan atas sirkuit sudah sesuai keinginan Formule E Operations atau FEO dan FIA, maka fasilitas terkait akan mendapatkan homologasi FIA Grade 2.

Homologasi tersebut cukup untuk menggelar balapan Formula E Jakarta, serta beberapa seri balap lainnya baik itu balap nasional maupun balap internasional.

Baca juga: Tiket Formula E Jakarta Bisa Dibeli 1 Mei 2022, Mulai Rp 250.000

Foto udara lintasan Sirkuit Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) yang telah diaspal di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Rabu(13/4/2022). Pengaspalan Sirkuit Formula E sepanjang 2,4 kilometer dinyatakan telah rampung seluruhnya dan untuk penggunaannya tinggal menunggu persetujuan kelayakan dari Formula E Operation (FEO). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/aww.ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA Foto udara lintasan Sirkuit Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) yang telah diaspal di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Rabu(13/4/2022). Pengaspalan Sirkuit Formula E sepanjang 2,4 kilometer dinyatakan telah rampung seluruhnya dan untuk penggunaannya tinggal menunggu persetujuan kelayakan dari Formula E Operation (FEO). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/aww.

Demikian dikatakan Ketua Pelaksana Formula E Jakarta, Ahmad Sahroni saat konferensi pers di Jakarta Internasional Velodrome, Jakarta, Rabu (27/4/2022).

"Jadi setelah Formula E, treknya tidak akan diam, banyak event. Misalkan ada lomba motor kecil, gokart, sampai ISSOM, nanti itu ke Ikatan Motor Indonesia (IMI) komunikasinya," katanya.

"Segala hal (event) akan kita coba, bisa saja tapi nanti akan ke IMI dan pemilik ancol (komunikasinya)," lanjut Sahroni.

Hanya saja, dipastikan bahwa sirkuit baru di Ancol itu tak akan digunakan untuk kegiatan lain dahulu sebelum gelaran Formula E atau Jakarta E-Prix 2022.

Baca juga: Rincian Harga Tiket Formula E Jakarta, Tembus Rp 10 Juta

Konferensi pers perkembangan penyelenggaraan Formula E Jakarta di Jakarta Internasional Velodrome, Jakarta Timur, Rabu (27/4/2022).KOMPAS.com/SINGGIH WIRYONO Konferensi pers perkembangan penyelenggaraan Formula E Jakarta di Jakarta Internasional Velodrome, Jakarta Timur, Rabu (27/4/2022).

Sebagaimana diketahui, beberapa acara motorsport nasional seperti ISSOM, ITCR 1200 dan 1500, ITCR MAX, serta STCR sebelumnya sudah mengumumkan akan balapan di sirkuit baru Ancol, Jakarta Utara.

Meskipun belum mengeluarkan tanggal resmi, sirkuit jalanan tersebut menjadi alternatif kedua setelah secara berlangganan dihelat di BSD, Tangerang Selatan.

"Pastinya, sirkuit tidak akan digunakan untuk acara lain sebelum Formula E terlaksana pada 4 Juni 2022 mendatang," jelas Sahroni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com