Kompas.com - 26/04/2022, 07:42 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – Sebagai negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam, Indonesia memiliki mudik tradisi yang melekat saat hari raya Idul Fitri atau Lebaran.

Setiap tahunnya, saat musim mudik tiba akan menjadi ritual untuk pulang ke kampung halaman. Bahkan, meski kegiatan mudik tahunan ini identik dengan kemacetan lalu lintas, tidak menghalangi masyarakat untuk berkumpul bersama keluarga di kampung halaman.

Terkait budaya mudik tahunan, sekilas mengenang tragedi kemacetan sering menjadi topik yang ramai diperbincangkan saat musim Lebaran tiba.

Baca juga: Mudik via Tol Trans Jawa, Pastikan Ketersediaan BBM Cukup

Salah satu kejadian kemacetan arus mudik yang fenomenal yaitu yang terjadi di pintu keluar tol Brebes Timur atau yang disebut sebagai Tragedi Brebes Exit Toll (Brexit).

Tol yang digadang-gadang akan mempersingkat waktu tempuh dari Jakarta menuju Brebes tersebut justru menimbulkan tragedi macet yang parah. Bahkan, tragedi Brexit menelan banyak korban jiwa pada arus mudik Lebaran 2016.

Padahal, pintu tol tersebut juga diresmikan di tahun yang sama, yaitu pada 2016. Namun, setelah peresmiannya, Brexit justru menjadi sorotan karena menuai kemacetan panjang. 

Rumah Darsiti di dalam areal Tol Pejagan-Brebes Timur, Brebes, Jawa Tengah (13/7/2015). Hingga kini pembebasan lahan rumah Darsiti belum selesai akibat tidak terjadi kesepakatan harga ganti rugi tanah. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMOKRISTIANTO PURNOMO Rumah Darsiti di dalam areal Tol Pejagan-Brebes Timur, Brebes, Jawa Tengah (13/7/2015). Hingga kini pembebasan lahan rumah Darsiti belum selesai akibat tidak terjadi kesepakatan harga ganti rugi tanah. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO

Banyak faktor yang menjadi penyebab kemacetan di Brexit, tetapi penyebab yang pasti adalah tidak mampu menampung jumlah kendaraan.

Brexit berada di Kilometer 57,5 Jalan Tol Pejagan–Pemalang, Jawa Tengah. Jalur ini merupakan kelanjutan dari Kilometer 35 Jalan Tol Kanci–Pejagan yang merupakan kelanjutan dari Kilometer 26 Jalan Tol Palimanan–Kanci.

Sebenarnya terdapat dua pintu keluar Brebes, yaitu pintu tol Brebes Timur di Kilometer 268 dari Jakarta dan pintu tol Brebes Barat di Kilometer 263.

Baca juga: 2 Lokasi Pemilahan Kendaraan Saat Uji Coba Ganjil Genap di Tol Japek

Akan tetapi, tahun ketika tragedi tersebut terjadi, pintu Brebes Timur masih menjadi ujung dari jalan tol Trans-Jawa. Maka dari itu, para pemudik akan keluar dari Brexit guna melanjutkan perjalanan ke Jawa Tengah, Yogyakarta, atau Jawa Timur.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.