Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KAI Catat Pengguna Jasa Kirim Motor Pakai Kereta Naik Signifikan

Kompas.com - 24/04/2022, 08:01 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA. KOMPAS.com— Mudik menjadi tradisi yang melekat saat Lebaran tiba. Banyak yang telah menunggu momen ini untuk merayakan Idul Fitri di kampung halaman bersama orang terkasih.

Mengirim sepeda motor menggunakan kereta juga menjadi bagian tradisi di Indonesia saat musim mudik. Bertepatan dengan aktivitas mudik yang tahun ini telah diperoleh, pengguna jasa pengiriman motor menggunakan kereta turut meningkat.

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Portugal 2022, Zarco Pole Position

“Secara volume, kita mengalami kenaikan 40 persen dari tahun lalu. Sejak minggu pertama permintaan sudah terasa berbeda dengan dua tahun sebelumnya. Maka dari itu, di musim mudik 2022 ini angka pengiriman motor sudah mulai naik dari tahun lalu,” ujar Manager Area Barat II PT. Kereta Api Logistik, Wisesa Witaraga pada Kompas.com belum lama ini.

Kenaikan jumlah permintaan pengiriman motor menggunakan kereta di KAI Logistik disambut baik oleh pihak terkait. Hal ini menandakan jika masyarakat Indonesia antusias terhadap mudik yang dua tahun sebelumnya tertunda.

Tidak hanya itu, mengirimkan motor menggunakan kereta menjadi bentuk masyarakat yang peduli terhadap keselamatan berkendara.

Suasana gudang KAI Logistik cabang Pasar Senen menyambut Lebaran 2022Janlika Putri Suasana gudang KAI Logistik cabang Pasar Senen menyambut Lebaran 2022

Dengan mengirim kendaraan roda dua menggunakan jasa KAI Logistik akan mencegah aktivitas mudik menggunakan motor. Seperti yang diketahui bersama, mudik menggunakan sepeda motor berpotensi besar terjadi kecelakaan.

“Jadi memang ini bagaimana kita mengadakan kembali ekosistem ekonomi masyarakat yang memang dua tahun lalu sempat lesu karena Covid-19,” kata Wisesa.

Baca juga: Antisipasi Mobil Terbakar, Ingat Cek Komponen Mobil Sebelum Berkendara

Jika di minggu pertama dan minggu kedua jumlah pengiriman naik, memasuki minggu ketiga dan keempat justru pengguna jasa pengiriman motor menggunakan kereta justru menurun.

Hal dengan kata lain, KAI Logistik saat ini sudah melewati masa puncak sibuk melayani pengiriman motor di musim mudik.

Menurut Wisesa, penurunan ini terjadi karena sudah memasuki masa Lebaran. Namun, demi mendukung kegiatan mudik tetap aman dan nyaman, tahun ini diadakan kembali program Motis KAI. Ini merupakan program pengiriman motor gratis yang diadakan dari 25 April- 9 Mei 2022.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com