Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modal Mudik Jakarta-Semarang Pakai Toyota Innova Venturer Diesel

Kompas.com - 22/04/2022, 11:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil berbahan bakar diesel seringkali mejadi pilihan masyarakat sebagai kendaraan harian karena torsi serta akselerasi responsif dan konsumsi bahan bakar relatif efisien.

Bahkan tidak jarang yang menggunakan mobil jenis tersebut unt kegiatan jarak jauh seperti mudik Lebaran. Terlebih apabila kapasitas angkutnya 7-orang seperti Toyota Kijang Innova Venturer 2.4 L Diesel.

Namun dengan adanya kenaikan harga BBM dan tarif tol, maka sebaiknya pengemudi kembali menyiapkan segala keperluan sebelum melaksanakan perjalanan.

Baca juga: Estimasi Biaya Mudik Jakarta-Semarang Pakai LCGC 7-Seater

Toyota All New Innova Venturer 2.4 Diesel AT. Kompas.com menguji untuk pemakaian harian.Kompas.com / Setyo Adi Toyota All New Innova Venturer 2.4 Diesel AT. Kompas.com menguji untuk pemakaian harian.

Guna memudahkan pembaca, redaksi Kompas.com kali ini mencoba untuk melakukan perhitungan perkiraan biaya mudik memakai Toyota Innova Venture Diesel dengan mengambil rute Jakarta-Semarang, Jawa Tengah.

Mengingat, Semarang merupakan salah satu wilayah yang banyak dijadikan tujuan entah sekadar sebagai transit sebelum ke wilayah Jawa Tengah lainnya atau tujuan akhir.

Berdasarkan pengetesan redaksi, konsumsi BBM dalam rute kombinasi Kijang Innova Diesel 2.393 cc ialah 12,7 kilometer per liter (kpl) dengan bahan bakar jenis Pertamina Dex (CN 53).

Sehingga, dengan perkiraan jarak tempuh Jakarta-Semarang sekitar 441 kilometer, artinya jumlah BBM yang dibutuhkan sebanyak 34,7 liter.

Dengan biaya Pertamina Dex saat ini yang dijual Rp 13.700 per liter, maka estimasi untuk biaya BBM Kijang Innova Venturer Diesel ketika dibawa mudik Lebaran ke Semarang, Jawa Tengah membutuhkan Rp 475.390.

Baca juga: Estimasi Biaya Mudik Jakarta-Semarang Pakai New Xpander

Toyota All New Innova Venturer 2.4 Diesel AT. Kompas.com menguji untuk pemakaian harian.Kompas.com / Setyo Adi Toyota All New Innova Venturer 2.4 Diesel AT. Kompas.com menguji untuk pemakaian harian.

Sementara itu, tarif tol rute Jakarta-Semarang menggunakan mobil yang masuk ke golongan I, membutuhkan total biaya Rp 377.500.

Artinya total biaya BBM Pertamina Dex dan tol rute Jakarta-Semarang dengan mengendarai Kijang Innova Venturer Diesel untuk perjalanan mudik Lebaran 2022 membutuhkan dana Rp 852.890.

Perhitungan tersebut tidak bersifat mutlak karena banyak faktor yang dapat mempengaruhi konsumsi BBM, seperti bobot yang dibawa, tekanan udara pada ban, kecepatan rata-rata, gaya berkendara, sampai kondisi lalu lintas.

Adapun Kijang Innova Venturer Diesel sendiri, dibekali mesin 2GD FTV 4-silinder in-line 16 valve DOHC dengan VNT Intercooler 2.393 liter yang mampu menghasilkan daya maksimum 149 PS dan torsi puncak 36,7 kgm.

Baca juga: Estimasi Biaya Mudik Jakarta-Semarang Pakai LCGC 5-Seater 

Berikut rincian tarif Tol Trans Jawa, rute Jakarta-Semarang untuk Golongan I, dikutip dari laman Badan Pengurus Jalan Tol (BPJT):

• Tol Jakarta - Cikampek: Rp 20.000
• Tol Cikopo - Palimanan: Rp 119.000
• Tol Palimanan - Kanci: Rp 12.500
• Tol Kanci - Pejagan: Rp 29.500
• Tol Pejagan - Pemalang: Rp 60.000
• Tol Pemalang - Batang: Rp 45.000
• Tol Batang - Semarang: Rp 86.000
• Tol Semarang ABC: Rp 5.500

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com