Kompas.com - 22/04/2022, 11:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil berbahan bakar diesel seringkali mejadi pilihan masyarakat sebagai kendaraan harian karena torsi serta akselerasi responsif dan konsumsi bahan bakar relatif efisien.

Bahkan tidak jarang yang menggunakan mobil jenis tersebut unt kegiatan jarak jauh seperti mudik Lebaran. Terlebih apabila kapasitas angkutnya 7-orang seperti Toyota Kijang Innova Venturer 2.4 L Diesel.

Namun dengan adanya kenaikan harga BBM dan tarif tol, maka sebaiknya pengemudi kembali menyiapkan segala keperluan sebelum melaksanakan perjalanan.

Baca juga: Estimasi Biaya Mudik Jakarta-Semarang Pakai LCGC 7-Seater

Toyota All New Innova Venturer 2.4 Diesel AT. Kompas.com menguji untuk pemakaian harian.Kompas.com / Setyo Adi Toyota All New Innova Venturer 2.4 Diesel AT. Kompas.com menguji untuk pemakaian harian.

Guna memudahkan pembaca, redaksi Kompas.com kali ini mencoba untuk melakukan perhitungan perkiraan biaya mudik memakai Toyota Innova Venture Diesel dengan mengambil rute Jakarta-Semarang, Jawa Tengah.

Mengingat, Semarang merupakan salah satu wilayah yang banyak dijadikan tujuan entah sekadar sebagai transit sebelum ke wilayah Jawa Tengah lainnya atau tujuan akhir.

Berdasarkan pengetesan redaksi, konsumsi BBM dalam rute kombinasi Kijang Innova Diesel 2.393 cc ialah 12,7 kilometer per liter (kpl) dengan bahan bakar jenis Pertamina Dex (CN 53).

Sehingga, dengan perkiraan jarak tempuh Jakarta-Semarang sekitar 441 kilometer, artinya jumlah BBM yang dibutuhkan sebanyak 34,7 liter.

Dengan biaya Pertamina Dex saat ini yang dijual Rp 13.700 per liter, maka estimasi untuk biaya BBM Kijang Innova Venturer Diesel ketika dibawa mudik Lebaran ke Semarang, Jawa Tengah membutuhkan Rp 475.390.

Baca juga: Estimasi Biaya Mudik Jakarta-Semarang Pakai New Xpander

Toyota All New Innova Venturer 2.4 Diesel AT. Kompas.com menguji untuk pemakaian harian.Kompas.com / Setyo Adi Toyota All New Innova Venturer 2.4 Diesel AT. Kompas.com menguji untuk pemakaian harian.

Sementara itu, tarif tol rute Jakarta-Semarang menggunakan mobil yang masuk ke golongan I, membutuhkan total biaya Rp 377.500.

Artinya total biaya BBM Pertamina Dex dan tol rute Jakarta-Semarang dengan mengendarai Kijang Innova Venturer Diesel untuk perjalanan mudik Lebaran 2022 membutuhkan dana Rp 852.890.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.