Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanpa Gelar Juara, Valentino Rossi Punya Kontribusi Nyata di Ducati

Kompas.com - 20/04/2022, 10:42 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pebalap Ducati tampil sangat kompetitif pada awal musim MotoGP 2022. Enea Bastianini misalnya, berhasil meraih kemenangan kedua dan memuncaki klasemen sementara dengan Desmosedici GP22.

Seperti diketahui, mengejar gelar juara dunia adalah kegiatan yang lumrah dilakukan Ducati Corse pada setiap tahunnya.

Baik itu saat era Andrea Dovizioso, Francesco Bagnaia, dan sekarang Enea Bastianini yang berada di tim satelit, Gresini Racing Ducati.

Baca juga: Arus Mudik Lebaran 2022 Bakal Padat, Ini Trik Hemat BBM Saat Macet

Para pebalap Ducati, Francesco Bagnaia (kiri) dan Jack Miller (kanan), berfoto bersama motor Desmosedici GP menjelang MotoGP 2022. A.Farinelli Para pebalap Ducati, Francesco Bagnaia (kiri) dan Jack Miller (kanan), berfoto bersama motor Desmosedici GP menjelang MotoGP 2022.

CEO Ducati Corse Claudio Domenicali mengatakan, perkembangan pesat yang dialami Ducati dalam 10 tahun terakhir, tak lepas dari kontribusi Valentino Rossi.

Menurutnya, pebalap asal Italia dan pabrikan Italia jelas punya ikatan batin yang secara tak langsung memberikan keuntungan satu sama lalin.

"Kami harus mengakui kalau Valentino Rossi tak punya hasil yang mengesankan selama dua tahun (2011-2012) bersama Ducati," ujar Domenicali, disitat dari Paddock GP (20/4/2022).

Baca juga: Jangan Sampai Salah, Jadwal Ganjil Genap Saat Arus Mudik Lebaran 2022

"Tapi dia punya masukan yang memberikan pengembangan bagi Ducati saat ini, dari segi reliabilitas, kecepatan, sampai aerodinamika, Vale terlibat dalam hal itu," kata dia.

Selain dari sisi teknis, Valentino Rossi juga memberikan 'sumbangan' pebalap berbakat yang dididik di VR46 Racing Academy.

Terutama Francesco Bagnaia yang tahun lalu mengejar gelar juara dunia dan kini tetap bersama tim Ducati pabrikan sampai 2024.

Baca juga: Alasan Mengapa Jangan Mudik Menggunakan Sepeda Motor

Pebalap tim Ducati Lenovo Australia Jack Miller bersiap untuk balapan selama sesi latihan balapan MotoGP Grand Prix Indonesia di Sirkuit Internasional Mandalika di Kuta Mandalika di Lombok Tengah, Jumat (18/3/2022).AFP/SONNY TUMBELAKA Pebalap tim Ducati Lenovo Australia Jack Miller bersiap untuk balapan selama sesi latihan balapan MotoGP Grand Prix Indonesia di Sirkuit Internasional Mandalika di Kuta Mandalika di Lombok Tengah, Jumat (18/3/2022).

"Ditambah sekarang tim bikinan Vale (Mooney VR46 Racing) menggunakan Ducati, mereka memberikan kepercayaan yang bagus kepada kami," ucap Domenicali.

"Luca Marini dan Marco Bezzecchi berada di tahap yang semakin meningkat, mereka adalah masa depan Ducati," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com