Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain Kuota, Kemenhub Juga Tambah Kota Tujuan Mudik Gratis

Kompas.com - 16/04/2022, 10:12 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain menambah kuota mudik gratis bagi 10.080 orang, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) ternyata juga meluaskan jangkauan kota tujuan.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan, dari sebelumnya mudik gratis hanya untuk Jawa Barat dan Jawa Tengah, kini ditambahkan untuk kota di Jawa Timur.

"Nanti ada tambahan ke Jatim di Ngawi, yang lainnya Solo, Semarang, Purwokerto, Pemalang, Slawi, Tegal, tentunya juga jadi tujuan mudik gratis. Jabar juga masih sekitar Cirebon, Tasik, Garut, dan Ciamis," ucap Budi, dalam konferensi pers secara daring di Jakarta, Kamis (14/4/2022).

Baca juga: Dirjen Hubdat Ingatkan Pengusaha Soal Kelayakan Bus Jelang Mudik

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kementerian Perhubungan RI (@kemenhub151)

 

Sedangkan untuk kuota, menurut Budi jumlah bus ditambah 350 unit, atau dua kali lipat dari sebelumnya yang secara total menjadi 700 unit. Termasuk untuk truk yang mengangkut sepeda motor para pemudik.

Dengan tambahan jumlah tersebut, ditargetkan ada 21.000 orang di wilayah Jabodetabek siap diberangkatkan ke berbagai kota tujuan mudik gratis. Sebelumnya, hanya 10.500 orang.

Sementara dengan adanya penambahan truk, ditargetkan bisa membawa 2.000 unit motor milik masyarakat yang mengikuti program mudik gratis 2022.

Baca juga: Bus Baru PO ALS Kelas Super Eksekutif, Pakai Livery Berbeda


"Truk bisa membawa 2.000 unit sepeda motor. Kegiatan ini akan dilaksanakan selama tiga hari, mulai 27,28 dan 29 April nanti," ujar Budi.

Diharapkan dengan penambahan kuota dan kota tujuan, bisa menekan minat masyarakat yang ingin melakukan perjalanan ke kampung halaman menggunakan motor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com