Salin Artikel

Selain Kuota, Kemenhub Juga Tambah Kota Tujuan Mudik Gratis

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain menambah kuota mudik gratis bagi 10.080 orang, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) ternyata juga meluaskan jangkauan kota tujuan.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan, dari sebelumnya mudik gratis hanya untuk Jawa Barat dan Jawa Tengah, kini ditambahkan untuk kota di Jawa Timur.

"Nanti ada tambahan ke Jatim di Ngawi, yang lainnya Solo, Semarang, Purwokerto, Pemalang, Slawi, Tegal, tentunya juga jadi tujuan mudik gratis. Jabar juga masih sekitar Cirebon, Tasik, Garut, dan Ciamis," ucap Budi, dalam konferensi pers secara daring di Jakarta, Kamis (14/4/2022).

Sedangkan untuk kuota, menurut Budi jumlah bus ditambah 350 unit, atau dua kali lipat dari sebelumnya yang secara total menjadi 700 unit. Termasuk untuk truk yang mengangkut sepeda motor para pemudik.

Dengan tambahan jumlah tersebut, ditargetkan ada 21.000 orang di wilayah Jabodetabek siap diberangkatkan ke berbagai kota tujuan mudik gratis. Sebelumnya, hanya 10.500 orang.

Sementara dengan adanya penambahan truk, ditargetkan bisa membawa 2.000 unit motor milik masyarakat yang mengikuti program mudik gratis 2022.


"Truk bisa membawa 2.000 unit sepeda motor. Kegiatan ini akan dilaksanakan selama tiga hari, mulai 27,28 dan 29 April nanti," ujar Budi.

Diharapkan dengan penambahan kuota dan kota tujuan, bisa menekan minat masyarakat yang ingin melakukan perjalanan ke kampung halaman menggunakan motor.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/04/16/101200915/selain-kuota-kemenhub-juga-tambah-kota-tujuan-mudik-gratis

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.