Kompas.com - 10/04/2022, 10:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Honda Prospect Motor (HPM) mengklaim pemesanan All New BR-V sampai 6 April 2022 sudah tembus hingga 7.000 unit lebih secara nasional.

Bahkan, menurut Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM, diizinkannya ritual mudik Lebaran, membuat pemesanan mobil bergenre low sport utility vehicel (LSUV) 7 penumpang tersebut kembali meningkat.

"Adanya pengumuman boleh mudik, kami menyambut baik. Pada Maret seperti BR-V kami menyuplai banyak karena permintaan LSUV itu banyak di masa-masa bolehnya mudik. Kami menyuplai BR-V sekitar 4.000 unit," ujar Billy, saat konferensi pers di ajang IIMS Hybrid 2022, Kamis (7/4/2022).

Lebih lanjut Billy menjelaskan, bulan lalu Honda berhasil mengantongi pencapaian total nasional 9.554 unit, naik sekitar 12 persen dibanding bulan sebelumnya yang sekitar 8.400 unit.

Baca juga: Honda Minta Maaf, Pesanan HR-V Baru Membeludak Bikin Inden 4-5 Bulan


Untuk memenuhi demand yang meningkat jelang Lebaran, Honda berupaya menyiapkan semuanya agar permintaan pada April bisa tersuplai dengan cepat. Terutama untuk All New BR-V.

"Jadi dampak mudik sudah terlihat, booking seminggu ini sampai dengan 6 April juga lebih baik, meningkat secara nasional. Kami yakin industri otomotif juga meningkat tinggi," kata Billy.

Inden

Menurut Billy, pemesanan total BR-V generasi kedua sudah mencapai 7.016 unit. Sementara untuk ritel sendiri, sekitar 4.800-an unit.

All New Honda BR-V IIMS Hybrid 2022KOMPAS.com/STANLY RAVEL All New Honda BR-V IIMS Hybrid 2022

Terkait masalah kontrubusi dari varian, saat ini diakui membaik karena menurunnya permintaan untuk model Honda Sensing, yang sempat membuat antrean panjang.

"Kontribusi (tipe) Honda Sensing juga sudah menurun, karena unitnya terbatas imbas pasokan komponen. Kalau melihat dari data, kontribusi dari 60 persen sekarang sudah ke-47 persen," ujar Billy.

Baca juga: Duet Brio dan BR-V, Dongkrak Penjualan Honda di Maret 2022

Artinya, saat ini mulai banyak konsumen yang begeser ke tipe BR-V lain, sehingga mempengaruhi waktu tunggu alias inden BR-V dengan Honda Sensing pun mulai tereduksi.

All New Honda BR-VKOMPAS.com/STANLY RAVEL All New Honda BR-V

"(BR-V) Honda Sensing, per bulan kemarin dari data yang kami dapat di lapangan sudah satu bulan (inden). Tapi kalau non-Honda Sensing saat ini sudah ready stock," kata Billy.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.