Kompas.com - 12/04/2022, 11:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sama dengan segmen MPV murah, mulai April 2022, perubahan harga juga terjadi pada kategori mobil low sport utility vehicle (LSUV) alias SUV Murah.

Faktornya dikarenakan kenaikan perubahan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dari 10 persen menjadi 11 persen. Tak hanya itu, berakhirnya PPnBM 50 persen juga ikut mempengaruhi beberapa varian dari LSUV.

Melihat daftar harga terbaru, semua merek yang memasarkan SUV murah sudah melakukan revisi. Mulai Toyota, Honda, Daihatsu, Suzuki, Nissan, DFSK, dan lainnya.

Baca juga: Daftar Lengkap Harga MPV Murah, Kompak Naik Jelang Lebaran

Untuk Toyota, kenaikan harga Rush berkisar Rp 2,25 juta sampai Rp 2,35 juta dari masing-masing tipe. Sementara untuk Raize, banderolnya terkerek dari Rp 4 jutaan sampai Rp 16,4 juta.

Daihatsu Rocky di IndonesiaKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Daihatsu Rocky di Indonesia

Demikian juga untuk Suzuki XL7 yang naik mulai Rp 28 juta sampai Rp 41,1 juta. Perubahan harga yang signifikan, merupakan akumulasi dari berakhirnya PPnBM dan insentif yang diberikan Suzuki, ditambah lagi dengan PPN 11 persen.

Sementara untuk Daihatsu Rocky dan Rush juga demikian, termasuk Honda All New BR-V yang saat ini sudah terkerek Rp 3 jutaan dibanding banderol saat awal Maret 2022 lalu.

Tak mau ketinggalan, Nissan juga ikut mengerek harga Magnite, sama dengan Kia yang kini banderol untuk varian tertinggi Sonet tembus Rp 300 juta lebih.

Baca juga: Jumlah Pemudik Jalur Darat Membeludak, Kemenhub Bahas Rekayasa Lalu Lintas


 

Sedangkan untuk DFSK, ternyata lebih memilih mempertahankan harga, alias tak melakukan revisi bila melihat dari situs resminya.

Lebih detailnya, berikut daftar harga terbaru SUV murah pada April 2022 :

Toyota

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.