Kompas.com - 10/04/2022, 16:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia Off-Road Federation (IOF) menjadi salah satu komunitas yang membuka booth di Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022.

Booth yang berada di area luar diisi dengan berbagai kendaraan, mulai dari rescue, jeep classic, jip balap, hingga mobil hasil modifikasi.

Ada dua kendaraan hasil modifikasi yang menarik perhatian redaksi saat berkunjung ke booth IOF, yakni dua hasil karya AMP Garage.

AMP Garage sendiri adalah bengkel modifikasi dari Letjen TNI AM Putranto. Untuk di IIMS 2022, dua mobil yang dibawa adalah The Conqueror dengan basis Jeep dan satu lagi Monster MRCV dengan basis Land Rover Defender.

Baca juga: Mobil Rescue IOF Bukan Sekadar 4x4

Monster MRCV hasil karya AM Putranto dari AMP Garage di IIMS Hybrid 2022KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Monster MRCV hasil karya AM Putranto dari AMP Garage di IIMS Hybrid 2022

Tunggul Birawa, Humas PP-IOF mengatakan, dua kendaraan buatan AMP Garage ini sudah menggunakan spek militer, bahkan salah satunya sudah dibuktikan di lapangan.

"Ini sudah proven untuk dipakai latihan tempur, ada stand-nya di atas untuk penembak," ucapnya kepada Kompas.com di Jakarta belum lama ini.

Jika membahas satu persatu, model MRCV yang berbasis Land Rover merupakan singkatan dari Multi Role Combat Vehicle. Jadi bisa dibilang mobil ini multifungsi saat digunakan untuk tempur.

Baca juga: Tanpa Kick Starter, Begini Cara Agar Aki Skutik Tidak Ngedrop

Kabin Monster MRCV hasil karya AM Putranto dari AMP Garage di IIMS Hybrid 2022KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Kabin Monster MRCV hasil karya AM Putranto dari AMP Garage di IIMS Hybrid 2022

Secara model, masih terlihat bentuk dari Defender secara umum. Namun bagian depan sudah ditambah dengan bull bar yang menyambung dengan roll cage eksternal dari depan sampai ke belakang.

Selain itu, di bagian samping juga dipasang bracket untuk ban cadangan, baik di sisi kanan maupun kiri. Ban yang digunakan juga besar, berukuran 35 inci dengan Rim Wolf.

Kabin Monster MRCV hasil karya AM Putranto dari AMP Garage di IIMS Hybrid 2022KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Kabin Monster MRCV hasil karya AM Putranto dari AMP Garage di IIMS Hybrid 2022

Soal dapur pacu, MRCV menggunakan mesin Defender Tdi ditambah turbo dari Garret. Sedangkan suspensi, menggunakan Terra firma yang mode heavy duty.

Tidak lupa di bagian depan dan belakang dipasang winch sebagai alat recovery saat mobil tersangkut. Jadi mobil ini tidak perlu khawatir melibas berbagai macam rintangan off-road.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.