Kompas.com - 08/04/2022, 11:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia Off-Road Federation (IOF) menjadi salah satu komunitas yang turut meramaikan IIMS 2022. Booth IOF berada di area outdoor, tepatnya di sebelah area test drive Hyundai.

Di booth IOF, terdapat beberapa jenis kendaraan off-road, mulai dari jip militer, kendaraan ekspedisi, rescue, sampai mobil balap. Salah satu model kendaraan yang menarik untuk dibahas di booth IOF adalah kendaraan rescue.

IOF aktif membantu dengan mengirimkan kendaraan untuk rescue di lokasi-lokasi bencana. Kendaraan ini kerap membawa barang-barang kebutuhan di daerah yang sulit dicapai karena longsor, banjir, dan sebagainya.

Baca juga: Dyandra Undang Anak Panti Asuhan Nikmati Pameran IIMS Hybrid 2022

Salah satu kendaraan rescue yang ada di booth IOF IIMS 2022KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Salah satu kendaraan rescue yang ada di booth IOF IIMS 2022

Redaksi pun sempat mampir ke booth IOF dan bertemu dengan Tunggul Birawa, Humas PP-IOF. Untuk menjadi kendaraan rescue, tidak cuma bermodal sistem penggerak 4x4, tapi masih ada yang lain.

"Untuk kendaraan kemanusiaan seperti rescue, kita harus mempunyai alat recovery. Alat recovery salah satunya itu winch, jadi supaya mobil kita bisa menerobos medan-medan yang ekstrem seberapa sulitnya," ucapnya kepada Kompas.com di jakarta, Kamis (7/4/2022).

Tunggul menjelaskan, jika mobil 4x4 biasa melewati tanjakan yang ekstrem, pasti akan tersangkut. Oleh karena itu winch dipasang agar bisa membantu kendaraan rescue melewati tanjakan tersebut.

Baca juga: Saat Suzuki Carry Tampil Menggoda dengan Tema Anak Pantai

Selain alat recovery, mobil sebaiknya sudah dilengkapi dengan locker baik di gardan depan maupun belakang. Locker sangat berfungsi ketika mobil tersangkut dan kehilangan cengkeraman ke tanah.

Secara umum, locker mengalirkan tenaga ke roda yang memiliki traksi maksimal. Sehingga jika locker aktif, mobil bisa keluar rintangan tersebut.

Booth IOF di IIMS 2022KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Booth IOF di IIMS 2022

"Mobilnya juga harus prima mesinnya. Peralatan lainnya seperti kelengkapan elektrikal, mereka harus ada radio komunikasi, inverter untuk mengisi daya," ucap Tunggul.

Radio komunikasi berfungsi untuk melakukan laporan ke tim lain yang ada di basecamp. Sedangkan inverter bisa untuk mengecas peralatan-peralatan elektronik selama melakukan rescue.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.