Polda Jateng Siapkan Oneway Nasional Selama Mudik Lebaran 2022

Kompas.com - 06/04/2022, 07:12 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Jelang mudik Lebaran yang diprediksi berlangsung sejak akhir April 2022, Direktorat Lalu Lintas Polda Jawa Tengah telah menyiapkan sejumlah skenario rekayasa lalu lintas.

Salah satunya adalah penerapan oneway atau satu laju di jalan tol, mulai dari KM 70 hingga Gerbang Tol Kalikangkung di Kota Semarang, Jawa Tengah.

Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol Agus Suryo Nugroho mengatakan, pihaknya juga akan melakukan contraflow di titik-titik yang berpotensi memunculkan kemacetan panjang.

Baca juga: Dijual Rp 14 Jutaan, Cicilan Motor Listrik Volta 401 Mulai Rp 400.000

Gerbang Tol Kalikangkung Semarang, JatengKOMPAS.com/RISKA FARASONALIA Gerbang Tol Kalikangkung Semarang, Jateng

“Manakala arus itu cukup padat dan menuju macet, akan dilakukan oneway nasional. Tapi masih rencana. Termasuk juga akan dilakukan contraflow pada titik tertentu,” ujar Agus, disitat dari NTMC Polri (5/4/2022).

Skenario lainnya, yaitu melakukan pengalihan arus lalu lintas yang tidak hanya menyasar jalur alternatif. Sebab, jalur mudik tidak hanya jalur tol, namun terdapat pantura, jalur tengah, hingga selatan.

“Jadi semua jalur itu akan difungsikan. Kemudian akan disalurkan ketika melihat arus yang dari Jakarta, Jawa Barat cukup padat,” ucap Agus.

Baca juga: Kejadian Lagi, Truk Mundur Tanpa Terkendali

Jalan Tol Semarang-BawenDok. Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Jalan Tol Semarang-Bawen

Lebih jauh, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga dan Cipta Karya (BMCK) Jateng untuk mempercepat perbaikan jalan di titik rawan di Jawa Tengah.

“Prinsipnya semua jalur jadi pengawasan. Karena kerawanan itu sudah kita antisipasi,” kata Agus.

“Terkait kesiapan, tentunya PUPR yang akan mendalami, termasuk proyek jalan dan jembatan yang masih dalam perbaikan sudah kita kordinasikan agar berhenti atau selesai sebelum Lebaran,” ujar dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.