Kecelakaan Avanza Vs Mitsubishi Strada di Tuban, Pentingnya Fokus di Jalan

Kompas.com - 28/03/2022, 16:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kecelakaan yang melibatkan Toyota Avanza dan Mitsubishi Strada terjadi di Jalan Parengan-Jatirogo, Desa Parangbatu, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, Minggu (27/3/2022).

Kepala Unit Kecelakaan Lalu Lintas Polres Tuban, Ipda Eko Sulistyono mengatakan, kecelakaan berawal saat mobil Toyota Avanza melaju dari arah barat ke timur.

Diperkirakan saat kejadian, sopir kurang konsentrasi sehingga mobil tersebut masuk ke lajur kanan dan menabrak mobil Mitsubishi Strada dari arah berlawanan.

Baca juga: Cara Gampang dan Sederhana Melepaskan Stiker di Mobil

“Pengemudi kendaraan Toyota Avanza diduga kurang berhati-hati dan tidak penuh konsentrasi sehingga mengakibatkan kecelakaan dan menewaskan dua orang,” ucap Eko dikutip dari Kompas.com, Senin (28/3/2022).

Akibat kecelakaan tersebut, dua orang meninggal di lokasi kejadian dan empat orang lainnya mengalami luka-luka.

Saat mengendarai kendaraan pengemudi dituntut untuk fokus dan mengerti kondisi jalan agar selamat di perjalanan.

Wanita Arab Saudi sedang mengemudi.elanthemag.com Wanita Arab Saudi sedang mengemudi.

Pengamat transportasi Budiyanto mengatakan, pada saat mengemudikan kendaraan bermotor di jalan, kunci utamanya adalah disiplin dalam berlalu lintas.

Dalam tata cara berlalu lintas yang diatur dalam UU No 22 tahun 2009 tentang LLAJ, pasal 106 ayat (1) menyebut setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan wajib mengemudikan kendaraannya dengan wajar dan penuh konsentrasi.

Menurut mantan Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya itu, konsentrasi merupakan bagian dari implementasi pelaksanaan disiplin. Namun, pada kenyataannya dalam kejadian kecelakaan pada umumnya disebabkan oleh faktor human error dan faktor lainnya.

“Penuh konsentrasi di sini adalah setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor dengan penuh perhatian dan tidak terganggu perhatiannya karena sakit, lelah, mengantuk, menggunakan telepon atau menonton video yang terpasang di kendaraan,” ucap Budiyanto kepada Kompas.com, Senin (28/3/2/2022).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.