Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Quartararo Puji Grip Aspal Sirkuit Mandalika di Kondisi Trek Basah

Kompas.com - 25/03/2022, 16:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertamina Grand Prix of Indonesia di Pertamina Mandalika Circuit tetap berjalan meski sempat ditunda karena hujan deras. Meski trek basah, tapi grip yang dihasilkan tetap luar biasa.

Salah satu pebalap yang merasakan hal tersebut adalah Fabio Quartararo. Pebalap Yamaha ini start dari pole position, tapi hanya sanggp finis di posisi kedua.

Quartararo mengatakan, dirinya sangat terkejut dengan performanya sendiri saat balapan dalam kondisi trek yang basah di Sirkuit Mandalika.

Baca juga: Bos Yamaha MotoGP Buka Peluang Toprak Gantikan Quartararo

"Saya selalu berharap grip yang lebih baik di setiap trek, dan di sini grip-nya luar biasa. Butuh waktu beberapa saat bagi saya untuk menyadari bahwa saya bisa sangat kencang dalam kondisi basah," ujar Quartararo, dikutip dari Speedweek.com, Jumat (25/3/2022).

Pebalap Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) memacu sepeda motornya saat sesi latihan bebas 3 MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (19/3/2022). Marquez keluar sebagai pebalap tercepat pada FP3 dengan catatan waktu 1 menit 34,067 detik.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Pebalap Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) memacu sepeda motornya saat sesi latihan bebas 3 MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (19/3/2022). Marquez keluar sebagai pebalap tercepat pada FP3 dengan catatan waktu 1 menit 34,067 detik.

Dalam kondisi sirkuit yang basah, para pebalap umumnya sangat berhati-hati dalam menikung. Tapi, Quartataro tidak menyangka bisa melakukan elbow down saat menikung.

"Saya paksa pada beberapa lap terakhir dan saya tidak pernah menyangka bisa menggosok sikut saya dalam kondisi basah. Saya menemukan ekstra grip di trek ini dan saya berharap akan seperti ini di banyak sirkuit lainnya," kata Quartararo.

Baca juga: Yamaha Aerox 155 Bertanda Tangan Quartararo Mau Dijual?

Bahkan, jika dibandingkan catatan waktunya juga luar biasa. Dalam kondisi kering, Quartararo dapat mencatatkan 1 menit 31,067 detik. Sementara dalam kondisi basah, waktu tercepatnya tembus 1 menit 38,749 detik.

Pebalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo melaju saat balapan MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Minggu (20/3/2022). Pembalap Red Bull KTM Factory Racing Miguel Oliveira berhasil menjadi juara pertama diikuti pembalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo dan pembalap Pramac Racing Johann Zarco.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Pebalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo melaju saat balapan MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Minggu (20/3/2022). Pembalap Red Bull KTM Factory Racing Miguel Oliveira berhasil menjadi juara pertama diikuti pembalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo dan pembalap Pramac Racing Johann Zarco.

"Itu kencang, itu mulai menjadi sangat kencang ketika Anda sekitar 10 detik lebih lambat dari lap tercepat di kondisi kering. Kurang dari 8 detik adalah super spesial," ujar Quartararo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com