Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/03/2022, 19:44 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com— Ada banyak medan jalan yang bisa digunakan oleh pengendara mobil.  Mulai dari jalan ekstrim penuh dengan kondisi ekstrim dan penuh belokan, atau jalanan lurus tanpa rintangan seperti jalan tol.

Mengendarai mobil di jalan yang lurus memang lebih mudah, namun jika dilihat dari segi keselamatan justru lebih berbahaya.

Baca juga: Banyak Penonton Telantar, Kemenhub Soroti Bantuan Bus MotoGP Mandalika

Highway Hypnosis menjadi kondisi yang rentan dialami oleh pengemudi yang mengendarai mobil di jalan lurus dengan rute yang jauh.

Director Training The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan mengatakan jika mengendarai mobil dengan durasi yang lama di rute yang lurus saja akan membuat pengemudi dilanda rasa bosan. Alhasil, pada situasi ini pengemudi rentan alami highway hypnosis.

“Kondisi yang membosankan seperti jalan lurus dapat menyebabkan Highway Hypnosis. Dampaknya, pengemudi kehilangan kesadaran dan kehilangan kendali,” katanya baru-baru ini pada Kompas.com.

Sebuah mobil melaju menuju kota Avdiivka di wilayah Donetsk, Ukraina timur, yang merupakan garis depan separatis pro-Rusia, Senin (21/2/2022). Donetsk dan Luhansk diakui sebagai wilayah merdeka oleh Presiden Rusia Vladimir Putin pada hari itu.AFP/ALEKSEY FILIPPOV Sebuah mobil melaju menuju kota Avdiivka di wilayah Donetsk, Ukraina timur, yang merupakan garis depan separatis pro-Rusia, Senin (21/2/2022). Donetsk dan Luhansk diakui sebagai wilayah merdeka oleh Presiden Rusia Vladimir Putin pada hari itu.

Seseorang yang alami highway hypnosis saat mengendarai mobilnya seolah terhipnotis. Pada saat pengemudi kehilangan fokus kesadaraan saat berkendara, mobil akan lepas kendali dan berpotensi alami kecelakaan fatal.

Oleh karena itu, jalanan yang lurus dan jarak tempuh yang jauh lebih berbahaya dari jalan yang berkelok-kelok. Jalanan yang lurus membuat aktivitas mengemudi monoton sehingga mudah dilanda rasa bosan.

Baca juga: Gagal Ujian Praktik SIM C sampai 16 Kali, Begini Tips biar Lulus

Berbeda saat melintasi jalan yang penuh aneka medan yang membuat pengemudi harus mengendarai dengan berbagai antisipasi. Tipe jalan yang bervariatif menjadikan kegiatan mengendarai mobil tidak mudah bosan.

Marcell menyarankan hendaknya pengemudi untuk beristirahat sebelum menempuh perjalanan jauh dengan medan yang lurus.

” Jangan memaksakan diri untuk mengendarai mobil bila sudah lelah,” tutup Marcell.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.