Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Fungsi Marka Garis di Jalan Raya

Kompas.com - 22/03/2022, 11:12 WIB
Serafina Ophelia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan besar, pada umumnya memiliki marka berupa garis berwarna putih yang berfungsi sebagai pembatas antar lajur.

Pemerhati masalah transportasi dan hukum, Budiyanto, menjelaskan bahwa marka jalan tanda yang berada di permukaan jalan yang membentuk garis membujur, melintang dan serong.

Garis marka ini menjadi petunjuk bagi pengendara dan harus dipatuhi. Misal, marka garis tunggal utuh warna putih di tengah berfungsi sebagai larangan bagi kendaraan melintasi garis tersebut.

Baca juga: Masih Banyak Pengemudi yang Abai terhadap Marka Jalan

"Marka ini apabila berada di tepi jalan hanya berfungsi sebagai peringantan tanda tepi jalur lalu lintas," kata Budiyanto seperti dikutip Kompas.com.

Selain sebagai pembatas lajur, marka garis putih ini dapat menjadi patokan bagi pengemudi khususnya pemula, agar tidak berkendara keluar dari jalur.

Training Director The Real Driving Centre (RDC) Roslianna Ginting menjelaskan, kebanyakan pengemudi pemula masih panik dan takut berlebih dalam menjaga kendaraan agar tetap berada di lajur.

Tips manajemen lajur untuk pengemudi pemulaYouTube/RDC - The Real Driving Centre Tips manajemen lajur untuk pengemudi pemula

Sebelumnya, Roslianna menjelaskan pentingnya menyesuaikan tempat duduk terlebih dahulu agar pengemudi merasa nyaman dan bisa melihat dengan jelas ke depan.

Kemudian, patokan sederhana yang bisa dilakukan ialah dengan menyejajarkan marka sebelah kanan agar sejajar dengan sudut kaca mobil atau dengan pilar A. Kemudian, marka sebelah kiri sejajar dengan bagian tengah dasbor mobil.

Baca juga: Usai MotoGP, Sirkuit Mandalika Mulai Dilirik Penyelenggara Balap Dunia

Agar patokan bisa terlihat lebih jelas, pengemudi bisa menempelkan stiker atau penanda kecil pada kedua titik tersebut sehingga patokan dapat terlihat dengan jelas.

Cara ini umumnya digunakan di tempat kursus mengemudi, agar pengemudi mudah memperhatikan marka jalan.

"Supaya, siswa dapat mengetahui dan dapat dengan mudah mempraktikannya di kendaraannya sendiri, saat di jalan sempit sekalipun," ucap Roslianna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com