Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Ungkap Mau Tingkatkan TKDN Mesin Buatan Lokal Indonesia

Kompas.com - 22/03/2022, 08:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Honda Prospect Motor (HPM) mengungkapkan akan memindahkan peralatan tertentu dari pabrik Honda di India untuk meningkatkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dalam waktu dekat.

Hanya saja, perseroan masih enggan untuk menjelaskan lebih jauh terkait rencana tersebut. Tapi sebagai bocoran, peralatan terkait akan berkaitan dengan aktivitas produksi mesin.

"Bukan relokasi fasilitas pabrik ya (dari India ke Indonesia), tapi beberapa peralatan saja. Ini untuk produksi mesin. Nanti kita akan berikan rilis ya," kata Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM Yusak Billy saat ditemui belum lama ini.

Baca juga: Honda Luncurkan Mobil Baru Pekan Depan, Sinyal Kuat untuk HR-V

Ilustrasi Pabrik Honda Prospect Motor di Karawang, Jawa Barat.Otomotifnet Ilustrasi Pabrik Honda Prospect Motor di Karawang, Jawa Barat.

Adapun langkah ini merupakan salah satu bentuk komitmen Honda pada pasar dalam negeri sekaligus realisasi atas investasi sebesar Rp 5,2 triliun yang ditangkap oleh pemerintah RI tahun lalu.

"Kalau mengenai mesinnya ini akan digunakan ke mana, tunggu saja. Yang jelas kita terus akan meningkatkan local content pada seluruh produk yang dipasarkan. Saat ini rata-rata sudah 80 persen, Brio sudah sekitar 90 persen," kata dia lagi.

Sebelumnya, Menteri PerindustriaAgus Gumiwang Kartasasmita menyebut bahwa Honda akan merelokasi pabrik dari India ke Indonesia dalam waktu dekat.

Hal itu disampaikannya usai melakukan pertemuan dengan prinsipal Honda Motor Company (HMC) di Jepang, Kamis (11/3/2021) lalu.

Baca juga: Benarkah Octan Booster Bisa Dongkrak Tenaga BBM Murah?

Proses produski pabrik Honda di Sayamacarscoops.com Proses produski pabrik Honda di Sayama

"Ada rencana relokasi. Nanti fasilitas produksi di India akan dipindahkan ke Indonesia dan mereka (Honda) juga memberikan komitmen untuk membangun mobil model baru berbasis elektrik," katanya.

Namun tak berselang lama, Honda Cars India (HCL) membantah atas isu tersebut.

Tetapi memang diakui ada rencana melakukan pengiriman sebagian peralatan pabrik untuk mendukung produksi Honda di Tanah Air.

"Kami ingin mengklarifikasi bahwa Honda tidak memiliki rencana untuk merelokasi fasilitas produksi pabrik dari India ke Indonesia," tulis perseroan dalam pernyataan resminya.

"Guna menempatkan isu ini pada prespektif yang benar, memang kami akan mengekspor peralatan tertentu dari pabrik Tapukara ke Indonesia untuk meningkatkan lokalisasi di sana," lanjutnya.

Baca juga: Hingga 2030, PLN Targetkan 24.720 Titik SPKLU Tersebar di Indonesia

All New Honda BR-V Prestige CVTKOMPAS.com/STANLY RAVEL All New Honda BR-V Prestige CVT

Diketahui, Honda memiliki dua pabrik besar di Indonesia yang berada di Tapukara, Rajasthan dan Greater Noida, Uttar Pradesh, yang baru saja ditutup pada Desember 2020 lalu.

Namun, penutupan pabrik ini bukanlah karena bakal melakukan relokasi fasilitas produksi mereka ke Indonesia. Tapi, dikarenakan adanya upaya rekonstrukrisasi anggaran sejalan dihentikannya produksi model Civic dan CR-V.

Maka, semua operasional pabrik nantinya bakal pindah ke Tapukara, Rajasthan yang saat ini sudah memproduksi Honda Amaze, Honda City, Honda WR-V, dan Honda Jazz.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com