Honda Ungkap Mau Tingkatkan TKDN Mesin Buatan Lokal Indonesia

Kompas.com - 22/03/2022, 08:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Honda Prospect Motor (HPM) mengungkapkan akan memindahkan peralatan tertentu dari pabrik Honda di India untuk meningkatkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dalam waktu dekat.

Hanya saja, perseroan masih enggan untuk menjelaskan lebih jauh terkait rencana tersebut. Tapi sebagai bocoran, peralatan terkait akan berkaitan dengan aktivitas produksi mesin.

"Bukan relokasi fasilitas pabrik ya (dari India ke Indonesia), tapi beberapa peralatan saja. Ini untuk produksi mesin. Nanti kita akan berikan rilis ya," kata Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM Yusak Billy saat ditemui belum lama ini.

Baca juga: Honda Luncurkan Mobil Baru Pekan Depan, Sinyal Kuat untuk HR-V

Ilustrasi Pabrik Honda Prospect Motor di Karawang, Jawa Barat.Otomotifnet Ilustrasi Pabrik Honda Prospect Motor di Karawang, Jawa Barat.

Adapun langkah ini merupakan salah satu bentuk komitmen Honda pada pasar dalam negeri sekaligus realisasi atas investasi sebesar Rp 5,2 triliun yang ditangkap oleh pemerintah RI tahun lalu.

"Kalau mengenai mesinnya ini akan digunakan ke mana, tunggu saja. Yang jelas kita terus akan meningkatkan local content pada seluruh produk yang dipasarkan. Saat ini rata-rata sudah 80 persen, Brio sudah sekitar 90 persen," kata dia lagi.

Sebelumnya, Menteri PerindustriaAgus Gumiwang Kartasasmita menyebut bahwa Honda akan merelokasi pabrik dari India ke Indonesia dalam waktu dekat.

Hal itu disampaikannya usai melakukan pertemuan dengan prinsipal Honda Motor Company (HMC) di Jepang, Kamis (11/3/2021) lalu.

Baca juga: Benarkah Octan Booster Bisa Dongkrak Tenaga BBM Murah?

Proses produski pabrik Honda di Sayamacarscoops.com Proses produski pabrik Honda di Sayama

"Ada rencana relokasi. Nanti fasilitas produksi di India akan dipindahkan ke Indonesia dan mereka (Honda) juga memberikan komitmen untuk membangun mobil model baru berbasis elektrik," katanya.

Namun tak berselang lama, Honda Cars India (HCL) membantah atas isu tersebut.

Tetapi memang diakui ada rencana melakukan pengiriman sebagian peralatan pabrik untuk mendukung produksi Honda di Tanah Air.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.