Repsol Honda Cari Tahu Penyebab Kecelakaan Marquez di MotoGP Mandalika

Kompas.com - 22/03/2022, 07:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, mengalami kecelakaan yang cukup fatal pada sesi pemanasan MotoGP Indonesia yang berlangsung di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Minggu (20/3/2022).

Marquez diketahui mengalami high side di tikungan tujuh. Insiden tersebut membuat motor dan tubuh Marquez terpental ke udara, hingga dirinya berujung terguling ke gravel. Beruntung Marquez masih bisa berjalan saat didampingi oleh marshal.

Akibat insiden tersebut, Marquez tidak bisa mengikuti balapan perdana di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Baca juga: Raih Posisi 5 dan 6, Suzuki Ecstar Akui Trek Sirkut Mandalika Sulit

Sebelumnya kecelakaan fatal itu, Marquez juga sempat mengalami kecelakaan sebanyak 3 kali. Yakni pada sesi latihan bebas kedua (FP2) Jumat (18/3/2022) dan sesi kualifikasi pertama (Q1), Sabtu (19/3/2022).

Manajer Repsol Honda Alberto Puig mengatakan, belum bisa memastikan apa yang menjadi penyebab Marquez terjatuh sampai 4 kali di lintasan Sirkuit Mandalika.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by MotoGP™ (@motogp)

“Marc mengalami tiga kecelakaan. Kami harus mencoba memahami apa penyebab kecelakaannya. Hari ini, dia mengalami crash yang brutal,” ucap Puig dikutip dari Motorsport, Senin (21/3/2022).

Dugaan sementara Puig, bahwa kecelakaan Marquez ada sangkut pautnya dengan ban produksi Michelin.

Michelin membawa ban belakang dengan konstruksi yang lebih kaku untuk memerangi panas ekstrem di Indonesia. Namun, hal tersebut justru menyebabkan Honda dilanda masalah pada grip belakang.

“Jujur saja kami perlu menganalisa. Mereka (Michelin) membawa ban yang berbeda dan kami harus memahami segalanya, dan pada saat ini sulit. Pebalap kami jatuh dan kami ingin memahaminya, jadi saya rasa saya tidak bisa memberi Anda info yang tepat,” katanya.

Pebalap Repsol Honda Team, Marc Marquez usai terjatuh melakukan warm up atau sesi pemanasan di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Praya, Lombok Tengah, NTB, Minggu (20/3/2022). Marc Marquez mengalami highside crash saat berupaya membelokkan motor RC213V di Tikungan 7.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Pebalap Repsol Honda Team, Marc Marquez usai terjatuh melakukan warm up atau sesi pemanasan di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Praya, Lombok Tengah, NTB, Minggu (20/3/2022). Marc Marquez mengalami highside crash saat berupaya membelokkan motor RC213V di Tikungan 7.

“Akhirnya, dia (Marquez) mengalami kecelakaan besar dan kami memutuskan untuk tidak membawanya ke trek karena mengalami gegar otak,” lanjut Puig.

Baca juga: Pulang Nonton MotoGP, Lalu Lintas ke Pelabuhan Lembar Macet

Saat ini Marc Marquez untuk menempati peringkat ke 11 klasemen sementara MotoGP 2022. Jumlah poin itu didapat Marquez setelah finis kelima pada seri perdana MotoGP Qatar 6 Maret 2022.

Seri selanjutnya akan digelar di Argentina, tepatnya di Sirkuit Termas de Rio Hondo pada 2 sampai 4 April mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.