Kompas.com - 21/03/2022, 12:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Layaknya rantai pada sepeda motor bebek atau kopling, v-belt merupakan karet yang berada di dalam kotak CVT motor matik atau skutik.

Berbeda dengan rantai pada motor manual, kerusakan v-belt lebih sulit dideteksi tanpa dilakukan pengecekan berkala.

Baca juga: Cara Mudah Cegah Tikus Gigit Kabel Kelistrikan Motor

Kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere Ribut Wahyudi menjelaskan bahwa tarikan motor yang berat juga dapat menjadi salah satu penanda bahwa v-belt pada motor matik sudah mulai rusak.

"Tarikan berat, timbul retak antar gerigi van belt. Sudut van belt sudah berubah," ujar Ribut kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Ada beberapa kebiasaan yang harus dihindari pengendara motor agar dapat menjaga v-belt skutik lebih awet dan tidak mudah getas atau putus. Pertama, dengan tidak membawa beban yang melebihi kapasitas motor tersebut.

V-belt pada skutik penting untuk diperhatikan kondisinya dan dirawat secara rutinDok. AHM V-belt pada skutik penting untuk diperhatikan kondisinya dan dirawat secara rutin

Kedua, kebiasaan pengendara motor saat mengoperasikan gas juga bisa memengaruhi keoptimalan kerja skutik. 

"Jangan sering menghentak gas secara kasar, jangan gas dan ngerem yang sering berbarengan," kata dia.

Baca juga: Sesi Pemanasan MotoGP Mandalika, Marquez Kecelakaan Fatal

Terakhir, karena letak v-belt berada di dalam kotak CVT dan kerusakan tidak dapat terdeteksi lebih dini, Ribut menjelaskan bahwa pemilik motor perlu melakukan pemeriksaan secara berkala.

"Tips agar van belt awet, periksa secara berkala. Maksimal 8.000 km," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.