Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oliveira Jadi Pebalap Pertama yang Raih Kemenangan di GP Mandalika

Kompas.com - 20/03/2022, 16:31 WIB
Aprida Mega Nanda,
Stanly Ravel

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap Red Bull KTM Tech 3 Miguel Oliveira, berhasil tampil sebagai pemenang pada gelaran Pertamina Grand Prix of Indonesia atau MotoGP Mandalika, Minggu (20/3/2022).

Gelaran yang berlangsung di Pertamina Mandalika International Circuit ini merupakan seri kedua dari rangkain MotoGP 2022.

Balapan MotoGP Mandalika yang dijadwalkan berlangsung pada pukul 15.00 WITA sempat ditunda lantaran lintasan diguyur hujan deras. Balapan baru digelar pukul 16.00 WITA.

Baca juga: Hasil MotoGP Mandalika 2022: Oliveira Juara Perdana MotoGP Mandalika

Miguel Oliveira akhirnya keluar sebagai pebalap pertama yang berhasil memenangkan MotoGP Mandalika.

Hal ini tentu jadi momen yang spesial, mengingat, ini merupakan pertama kalinya Indonesia dipercayai menggelar ajang balap internasional setelah 25 tahun silam.

Miguel Oliveira mengawali kariernya sebagai pebalap dengan bermain di kelas 125cc pada Grand Prix 2011 bersama tim Andalucia Banca Civica (Aprilia).

Tahun berikutnya, Oliveira turun kelas Moto3 selama tiga tahun hingga 2015. Selanjutnya, dia naik ke kelas Moto2 namun dengan torehan yang kurang memuaskan yakni finis di urutan ke-21.

Cerita berbeda saat dirinya menunggangi motor KTM. Miguel Oliveira mulai mendapatkan hasil yang positif dan meraih tiga peringkat teratas pada tahun 2017 dan 2018.

Setahun berikutnya, tepatnya pada 2019, Oliveira mendapat kepercayaan untuk masuk ke kelas premier MotoGP bersama tim satelit Red Bull KTM Tech 3.

Pebalap Miguel Oliveira dari KTM Tech 3 MotoGP mengalami kecelakaan karena angin di Sirkuit Philiip Islandautosport.com Pebalap Miguel Oliveira dari KTM Tech 3 MotoGP mengalami kecelakaan karena angin di Sirkuit Philiip Island

Saat musim awal dirinya bergabung, Oliveira belum menunjukan tajinya. Akan tetapi pada musim 2020, Oliveira berhasil unggul 10 poin dari pencapaiannya musim lalu, yakni menorehkan 43 angka.

Tak hanya itu, Oliveira juga mampu meraih podium utama sebanyak dua kali yakni pada musim 2020, tepatnya di GP Styria dan Portugal.

Baca juga: Live Update: Start MotoGP Mandalika Ditunda sampai Jam 16.00 WITA

Masuk ke musim 2021, Oliveira masih bergabung dengan Red Bull KTM Tech 3. Tak berbeda dengan hasil di musim sebelumnya. Oliveira kembali meraih hasil positif dengan meraih podium pertama di GP Catalunya.

Torehan positif juga masih berlanjut hingga musim 2022. Di mana Oliveira menjadi pebalap pertama yang berhasil meraih podium di MotoGP Mandalika.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com