Sirkuit Mandalika Akhirnya Dapat Homologasi Grade A dari FIM

Kompas.com - 20/03/2022, 08:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, akhirnya resmi mendapatkan homologasi grade A dari FIM. Artinya, sirkuit ini layak untuk menggelar ajang balap tingkat dunia sekelas MotoGP.

Pemberian homologasi tersebut dipastikan oleh Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria.

Baca juga: Merah Putih Berkibar di Mandalika, Pebalap Indonesia Podium Ketiga IATC

Priandhi mengatakan, FIM telah memberikan homologasi tingkat tertinggi itu setelah melaksanakan pertemuan dengan berbagai pihak terkait pada Jumat (18/3/2022) lalu.

Pertamina Mandalika International Street Circuit di Lombok, NTB, telah lulus homologasi oleh Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM).ITDC Pertamina Mandalika International Street Circuit di Lombok, NTB, telah lulus homologasi oleh Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM).

"Sebagian pebalap MotoGP hadir dalam rapat yang antara lain dihadiri CoC (Clerk of Course), perwakilan IMI (Ikatan Motor Indonesia), Mike Webbs selaku Race Director, Carlos Ezpelata selaku Managing Director Dorna Sports, Loris Capirossi (Safety Advisor Dorna), mendiskusikan mengenai masukan para pebalap mengenai kondisi lintasan," ujar Priandhi, dalam keterangan resminya.

Priandhi menambahkan, setelah melakukan diskusi, FIM menyetujui untuk memberikan homologasi grade A. Sehingga, Indonesia bisa melangsungkan ajang Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022.

Baca juga: Cara Unik Pebalap Atasi Cuaca Panas Sirkuit Mandalika

Pertamina Mandalika International Street Circuit di Lombok. Dok. Chaerul Manek Ismail/Shutterstock.com Pertamina Mandalika International Street Circuit di Lombok.

"Alhamdulillah, lintasan sudah bisa dipakai untuk ajang balap tersebut. Tentu ini tidak lepas dari dukungan Pak Hadi Tjahjanto sebagai komandan lapangan, kementerian-kementerian terkait, semua pihak, agar kita bisa melakukan ajang ini Sabtu dan Minggu esok," kata Priandhi.

Meski beberapa pebalap terlihat ada yang terjatuh saat sesi latihan bebas, tapi belum ada yang mengeluhkan soal kondisi sirkuit seperti pada sesi tes pramusim bulan Februari lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.