Cara Mudah dan Murah Rawat Jok Motor Kulit, Cukup Modal Lotion

Kompas.com - 17/03/2022, 10:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Merawat jok sepeda motor kerap dilakukan oleh pemilik kendaraan agar tetap nyaman saat diduduki.

Jok sepeda motor biasanya dilapisi oleh kulit. Kulit yang dipakai pun beraneka macam, namun pada dasarnya terbagi tiga yaitu kulit sintetis, domba, dan kulit sapi.

Pemilik bengkel modifikasi jok motor custom Relaxseat Modification Andry Herdiyana mengatakan, jok motor memiliki usia pakai kurang lebih empat tahun tergantung pemakaian. Menurutnya, dari tiga jenis itu kulit sintetis yang paling rentan.

Baca juga: Bahaya, Jangan Baca Maps sambil Naik Motor

“Perawatan kulit sintetis sebetulnya cukup mudah pakai lotion saja. Lotionnya sudah banyak dijual di pasaran, tinggal oleskan tiap satu atau dua bulan sekali,” kata Andry saat dihubungi Kompas.com belum lama ini.

Andry melanjutkan, lotion diperlukan karena kulit sintetis mudah kering. Saat bahan ini kering maka akan pecah. Penggunaan lotion dilakukan agar kulit tetap lembab dan lentur sehingga tidak mudah retak atau pecah.

Jok Motor Relaxseat Modification Foto: Istimewa Jok Motor Relaxseat Modification

Kulit sintetis butuh kelembaban agar polyurethan-nya di dalamnya tidak kering. Polyurethan itu sejenis karet yang biasa dipakai untuk dibuat menjadi bahan kulit sintetis,” katanya.

Hal tersebut juga berlaku untuk kulit asli yaitu kulit sapi dan domba. Namun perlu diingat, bahwa penggunaan jenis pelembabnya juga tidak boleh sembarangan.

Baca juga: Selesai Parade, Bastianini Penasaran Aspal Baru Sirkuit Mandalika

“Paling bagus itu mink oil sejenis lemak, yang dibuat dari bahan hewani juga,” kata dia.

Adapun rata-rata masa pemakaian kulit tersebut, sapi bisa di atas delapan hingga 15 tahun, sementara domba atau kambing diatas enam sampai tujuh tahun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.