Ini Efek Buruk Lupa Menurunkan Rem Tangan Saat Mobil Melaju

Kompas.com - 14/03/2022, 14:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat mobil dalam keadaan berhenti, pengemudi bisa mengaktifkan rem tangan sehingga mobil bisa berhenti dengan sempurna dan aman, khususnya saat parkir.

Namun, pengemudi tidak boleh lupa untuk menurunkan rem tangan atau memastikan bahwa rem tangan telah turun secara sempurna sebelum mobil kembali melaju.

Baca juga: Perbedaan Electronic Parking Brake dan Rem Parkir Biasa

Dilihat dari sisi mesin mobil, apa efek buruk yang bisa terjadi saat pengemudi lupa menurunkan rem tangan sebelum melaju?

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, jika terlalu sering terjadi hal ini dapat memperburuk performa mesin.

"Efek buruknya, kanvas rem parkir atau rem belakangnya akan cepat tipis, panas," jelas Didi pada Kompas.com, Senin (14/3/2022).

Ilustrasi rem tangan manualDok. Autoindustriya.com Ilustrasi rem tangan manual

Tidak hanya itu, Didi menjelaskan bahwa performa mesin mobil juga bisa menjadi turun, karena tertahan di bagian roda belakang. Mobil dipaksa melaju dengan keadaan roda yang tertahan rem, sehingga mesin menjadi lebih cepat rusak dan keoptimalan fungsi rem tangan akan menurun.

Maka, pengemudi perlu berhati-hati dan mengecek kembali posisi rem tangan sebelum kembali menggunakan mobil, agar tidak menimbulkan kerusakan yang lebih parah, khususnya pada performa mobil.

Baca juga: Kia Akhirnya Luncurkan Carens Terbaru, Berapa Harganya?

Pada mobil-mobil keluaran baru, umumnya dilengkapi dengan indikator untuk memberi tahu pengemudi jika mobil belum sepenuhnya siap untuk dioperasikan. Pengemudi perlu memperhatikan indikator-indikator ini sebelum mengemudikan mobilnya.

"Untuk mobil sekarang, rata-rata sudah dilengkapi dengan indikator atau buzzer untuk mengingatkan (jika) rem parkir masih di posisi bekerja, atau belum turun sempurna," kata Didi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.