Ada Pelabuhan Patimban, Target Ekspor Toyota Tahun Ini Naik 51 Persen

Kompas.com - 08/03/2022, 20:43 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) menargetkan capaian ekspor tahun ini mampu meningkat hingga 51 persen dibanding periode di 2021 lalu atau sebesar 284.000 unit.

Melalui keterangan tertulisnya, Direktur Corporate Affairs PT TMMIN Bob Azam menyatakan bahwa sekitar 50 persen dari angka kenaikan itu ialah utamanya berasal dari model Veloz.

Sementara itu, ekspor otomotif Toyota Indonesia yang dikapalkan hingga ke-4 benua sepanjang Januari-Februari 2022 telah mencapai lebih dari 44.000 unit, naik 31 persen secara year to date (YTD).

Baca juga: Transjakarta Resmi Operasikan 30 Unit Bus Listrik

Ekspor Toyota dari Pelabuhan Patimban, Jawa Baratdok.TMMIN Ekspor Toyota dari Pelabuhan Patimban, Jawa Barat

Hal tersebut seiring dengan optimalisasi kinerja manufaktur yang menjadi salah satu perhatian utama Presiden RI Joko Widodo dalam membangun kinerja ekonomi nasional.

Dalam kesempatan itu, Jokowi meninjau kegiatan pengiriman kendaraan ekspor otomotif nasional termasuk pada produksi Toyota Indonesia dari Pelabuhan Patimban Subang, Jawa Barat, Selasa (8/3/2022).

"Awal tahun ini kinerja ekspor Toyota Indonesia berhasil melalui tantangan dengan memperoleh pencapaian melampaui masa sebelum pandemi (44 persen)," kata dia, Selasa.

"Performa terkait tidak dapat kami wujudkan tanpa adanya dukungan dari Pemerintah Indonesia yang memberikan beragam kemudahan termasuk fasilitas pendukung ekspansi untuk memudahkan distribusi produk dari dalam negeri ke pasar internasional," lanjut Bob.

Adapun salah satu fasilitas yang dimaksud ialah keberadaan Pelabuhan Internasional Patimban, Jawa Barat.

Baca juga: Alasan Mobil Listrik Harus Pakai Ban Khusus

TMMIN mulai ekspor Toyota Fortuner ke AustraliaTMMIN TMMIN mulai ekspor Toyota Fortuner ke Australia

Pasalnya, diketahui bahwa Pelabuhan Patimban memiliki kapasitas daya tampung hingga 160.000 unit pada 2022. Kapasitas ini akan terus untuk dikembangkan dan ditingkatkan hingga bisa menampung 600.000 unit mobil utuh (Completely Built Up/CBU).

Dua infrastruktur yang beroperasi, baik Pelabuhan Patimban maupun Pelabuhan Tanjung Priok dapat berkolaborasi untuk mendukung kegiatan logistik termasuk industri otomotif di Indonesia.

Sementara aktivitas Jokowi ke Pelabuhan Patimban, menjadi wujud nyata dukungan pemerintah untuk memaksimalkan potensi kinerja ekspor otomotif nasional.

Dengan cara memfasilitasi penuh ragam pilihan jalur pengiriman produk otomotif yang memudahkan konsumen mancanegara untuk memperoleh akses dari kendaraan hasil produksi Toyota Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.