Kilah Komunitas Supermotor Terobos Jalan Tol Kelapa Gading-Pulogebang

Kompas.com - 07/03/2022, 08:02 WIB

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya mengungkapkan aksi komunitas supermotor yang melintas di Jalan Tol Layang Kelapa Gading-Pulogebang pada Sabtu, 26 Februari 2022.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Jamal Alam menyebut para pelaku melintas karena tidak tahu bahwa jalur tersebut merupakan jalan tol. Terlebih, di lokasi kejadian tidak terdapat adanya gerbang tol.

“Dari kesaksian dan keterangan kebanyakan dari salah satu klub motor ini kebanyakan bahwa tidak mengetahui bahwa itu adalah jalan tol," katanya, Minggu (6/3/2022).

Baca juga: 21 Motor Diamankan Polisi Usai Terobos Tol Kelapa Gading-Pulogebang 

Sepeda motor melintas di tol Jakarta Outer Ring Road (JORR)  tanpa transaksi atau gratis di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, Selasa (4/8/2015). Rekayasa lalu lintas mulai pukul 06.00 hingga 09.00 WIB ini dilakukan untuk mengurangi kemacetan di sekitar Cilandak Town Square selama proses pelebaran jalan. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMOKRISTIANTO PURNOMO Sepeda motor melintas di tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) tanpa transaksi atau gratis di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, Selasa (4/8/2015). Rekayasa lalu lintas mulai pukul 06.00 hingga 09.00 WIB ini dilakukan untuk mengurangi kemacetan di sekitar Cilandak Town Square selama proses pelebaran jalan. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO

"Jadi jalan menghubungkan untuk ke tol belum ada, belum dilengkapi oleh gate tol atau gerbang tol,” lanjut Jamal usai bertemu dengan para pelaku.

Jamal mengatakan, para pengendara motor terkait pun terpaksa harus melanjutkan perjalanan hingga keluar tol. Lebih lanjut, pihaknya akan berkoordinasi dengan pengelola agar kejadian serupa tidak terulang kembali.

“Begitu masuk sudah tidak bisa menghindar atau mengubah arah sehingga tetap melanjutkan perjalanan. Nah yang di Kelapa Gading, saya lihat menggunakan sistem terbuka masuk dulu tapi bayar di akhir," ujar dia.

Ke depan, Jamal mengaku bahwa pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak pengelola jalan tol antisipasi kejadian serupa agar tidak terjadi.

 Baca juga: Hasil MotoGP Qatar 2022, Bastianini Gagalkan Kemenangan Honda

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Jakarta Lewat Kamera (@merekamjakarta)

Adapun peristiwa rombongan pengendara motor masuk jalan tol itu, sebagaimana diunggah akun @merekamjakarta, terjadi pada Sabtu (26/2/2022) dini hari sekitar pukul 03.00 WIB.

Dalam cuplikannya, terlihat para pengendara sepeda motor jenis supermoto beramai-ramai masuk ke jalan tol layang tersebut.

Beberapa di antaranya bahkan beratraksi dengan berdiri di atas sepeda motornya saat melintasi jalur bebas hambatan itu

"Rombongan pengendara supermoto itu diduga menerobos masuk melalui pintu tol dekat pertigaan Pasar Cakung, Jakarta Timur," seperti dikutip dari unggahan video tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.